10 Tips Agar Si Kecil Gak Gampang Sakit

sumber foto : pexels.com

Jika anak sakit, ibu mana yang tidak cemas. Uring-uringan dan kurang tidur pastinya saat buah hati kondisinya kurang fit. Ujung-ujungnya ibu juga bisa ikutan sakit. Duh, jangan sampai kejadian ya. Bagaimanapun slogan mencegah lebih baik daripada mengobati itu benar adanya. Saya pernah punya teman yang anaknya sering sekali masuk rumah sakit. Sedih banget kan? Ternyata cara meningkatkan kekebalan tubuh si kecil dapat dilakukan dengan mudah. Berdasarkan pengalaman saya, ini 10 tips agar si kecil gak gampang  sakit :

1. Berikan ASI

ASI atau Air Susu Ibu adalah makanan sekaligus minuman terbaik di awal kehidupan seorang anak. Mengapa terbaik? Menurut Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), ASI disebut cairan hidup karena setiap tetes ASI mengandung lebih dari 1 juta sel darah putih yang dapat membasmi kuman dan melindungi anak dari berbagai infeksi.

Selanjutnya, dalam buku The Pregnancy and The Baby Book, seperti halnya antibodi , ASI juga mengandung lactoferrin untuk mencegah infeksi, lysozyme untuk meningkatkan aktifitas antibodi, mucin untuk membunuh mikroba dan sel darah putih untuk membasmi kuman. Dengan begitu, memberikan ASI adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan si kecil.

Berikan ASI pada bayi secara eksklusif  selama enam bulan, tanpa campuran apapun ya, baik susu formula, jus, madu, bahkan air putih sekalipun,   dan lanjutkan hingga usia bayi dua tahun agar daya tahan tubuhnya lebih baik dan tidak gampang terserang penyakit.

2. Imunisasi

sumber foto : pexels.com

Pemberian imunisasi kepada bayi berperan besar terhadap sistem kekebalan tubuhnya lho. Imunisasi  adalah pemberian vaksin yang diberikan kepada bayi  baik melalui suntikan maupun oral secara rutin untuk merangsang sistem kekebalan tubuhnya.  Saya rutin membawa Shadiq imunisasi sejak ia lahir hingga imunisasi dasarnya di usia 9 bulan di posyandu terdekat. Alhamdulillah, Shadiq jarang demam dan kalaupun demam tidak berlangsung lama.

Imunisasi rutin yang diberikan kepada si kecil sejak lahir akan memicu sistem kekebalan tubuhnya untuk menghasilkan antibodi sendiri.  Anak pun memiliki kekebalan tubuh aktif dan sistem imunitas tubuhnya akan akan mengenali bakteri dan virus aehingga mampu melindungi dirinya sendiri dari bakteri dan virus tersebut.

Jadi jangan lupa membawa si kecil untuk imunisasi  sesuai jadwal dan usia bayi ya Moms!

3. MPASI sehat alami

Begitu anak memasuki usia 6 bulan dan mulai masuk masa MPASI (Makanan Pendamping ASI) , maka berikan ia makanan yang sehat dan bernutrisi. MPASI  diberikan dengan komposisi menu 4 bintang yaitu,karbohidrat , protein hewani, protein nabati, buah & sayur serta penunjang yaitu lemak.  Makanan sehat alami yang direkomendasikan WHO adalah makanan buatan rumah yang memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi bayi, dibuat dengan  bahan baku lokal dengan harga terjangkau dan mudah diolah.

Memberikan MPASI sehat alami  saya lakukan sejak Shadiq mulai makan di usia  enam bulan dan benar-benar buatan saya sendiri. No instan food! Walaupun repot , namun saya lebih puas dengan hasil masakan sendiri dan si kecil pun jadi mengenal berbagai variasi makanan makanan dibanding makanan pabrikan.

Saya juga tak lupa menambahkan protein karena  protein  mengandung asam amino yang cukup sebagai bagian penting dalam antibodi melawan penyakit. Menyenangkan rasanya melihat si kecil makan dengan lahap dan tubuh yang sehat ditandai dengan berat badan yang naik secara bertahap sesuai usianya.

Contoh makanan berprotein. Sumber foto : pixabay.com

4. Pijat bayi

Sumber foto: pexels.com

Pijat bayi atau baby massage bermanfaat bagi kesehatan bayi seperti mengurangi hormon stress, mencegah gejala demam, kolik dan sakit gigi, menambah kekuatan otot dan merangsang hormon pertumbuhan.  Pijatan lembut pada bayi akan menstimulasi produksi sel darah putih dan menyeimbangkan sistem imunitas si kecil.

Soal pijat memijat bayi, ayah Shadiq jagonya! Hehehe.. Dari mulai usia sebulan, si kecil selalu dipijat ayahnya.  Si kecil terlihat sangat menikmati dan tidurnya lebih nyenyak usai dipijat. Kadang kami juga membawanya ke baby spa untuk pijat dengan terapist.

Waktu terbaik memijat bayi adalah setelah bayi selesai mandi dan dalam keadaan segar. Gunakan minyak pijat khusus bayi seperti baby oil atau extra virgin olive oil ya. Dan ingat ya Moms, jangan pijat bayi bila ia dalam keadaan lapar atau badannya sedang kurang sehat. Pijat bayi ini bikin bonding si kecil dengan ayahnya juga lebih dekat.

5. Tidur yang cukup

sumber foto : pixabay.com

Pernah gak mengalami si kecil tiba-tiba cranky dan rewel seharian? Bisa jadi ia kecapean karena kurang tidur. Tidur malam dan tidur siang yang cukup juga berpengaruh terhadap imunitas si kecil lho Moms!

Menurut  David Munday dari Asosiasi Community Practitioner and Health Visitors mengatakan, ” Tidur adalah waktu tubuh bayi untuk mengisi energi, membangun dan memperbaharui sel-sel serta jaringan yang telah digunakannya selama seharian. Itulah mengapa tidur begitu penting bagi kekebalan tubuh si kecil.

6. Sentuhan dan Pelukan

Sumber foto : pexels.com

Sering-seringlah menyentuh dan memeluk si kecil. Mengapa? Karena sebuah pelukan tulus dari ibu, ayah dan keluarganya dapat membuatnya sehat baik secara fisik maupun psikis.  Dalam sebuah artikel parenting menyebutkan bahwa sentuhan dan pelukan yang diberikan dengan tulus bisa menstabilkan detak jantung bayi, memperkuat sistem kekebalan tubuhnya, meningkatkan kadar oksigen ke otaknya dan mengurangi stres hingga membuatnya semakin bahagia.

Jadi, saat si kecil merasa gelisah, takut, sedih, obatnya hanya peluk dan sentuh ia penuh cinta ya Moms! Usahakan selalu menyentuh dan memeluk si kecil agar ia selalu sehat.

7. Ajak bayi bermain di luar

http://pregnancyandbaby.com/the-hatch-blog/articles/968061/babys-first-picnic

Membiarkan sekecil bermain terus dalam rumah, sebenarnya kurang baik loh. Ajak si Kecil bermain diluar seperti piknik di taman, bersepeda keliling kompleks, berenang dan sebagainya. Aktif bergerak membuat si kecil lebih sehat dan udara segar membuat sistem imun/kekebalannya menjadi lebih baik. Si kecil pun belajar beradaptasi dengan orang baru dan lingkungan berbeda-beda.

8. Cemilan Sehat

Sumber foto : pixabay.com

Selain makanan sehat alami, berikanlah cemilan kepada si kecil. Usahakan cemilan tersebut adalah buatan sendiri ya mom, sehingga terjamin kebersihannya. dan mencegah si Kecil dari berbagai penyakit. Berikanlah finger food agar mudah digenggam oleh si kecil, finger food bisa berupa buah dan sayur yg telah dikukus dan dipotong seukuran jari. Boleh juga sesekali berikan makanan pabrikan untuk anak setahun keatas ya mom seperti puding dan biskuit bayi, bagus juga untuk kesehatan si kecil karena sudah difortifikasi zat besi.

9. Hindari Asap Rokok

Sumber foto : alodokter

Saya paling sebel kalo berada ditempat yang penuh dengan asap rokok, terutama bila membawa si kecil, karena sebagai perokok pasif, bayi dan anak-anak adalah golongan yang paling rentan terkena berbagai penyakit.

Bayi dan anak-anak yang terpapar asap rokok berisiko tinggi mengalami iritasi mata, infeksi telinga, alergi, asma, bronkitis, pneumonia, meningitis, dan sindrom kematian bayi mendadak.

Usahakan jauhi asap rokok ya bila si kecil ingin sehat dan mintalah pada keluarga dekat agar jangan merokok didekat si kecil.

10. Biasakan cuci tangan

Person Holding Water
Sumber foto : pexels.com

Menjaga kebersihan seperti membiasakan si kecil cuci tangan sebelum makan, buang air besar dan kecil, juga sehabis bermain di luar juga bermanfaat  untuk mencegah kuman berpindah ke tubuh anak. Siapkan selalu tisu basah dan tisu kering jika bepergian ya  dan sedia hand sanitizer untuk ibu untuk berjaga-jaga jika tidak ada air bersih.

Lebih dari semua itu, selalu doakan si kecil agar selalu sehat ya Mom. Apa yang lebih mujarab selain doa yang tulus dari seorang ibu? Semoga tipsnya bermanfaat ya Moms!

 

Referensi:

Cara meningkatkan imunitas bayi Anda. https://www.motherandbaby.co.id/article/2013/10/8/1026/5-Cara-Meningkatkan-Imunitas-Bayi-Anda

Imunisasi. https://www.alodokter.com/imunisasi

Ensiklopedia MP-ASI Sehat : Serunya MP-ASI homemade ala HHBF. 2017. Jakarta : Panda Media

Pelukan Ibu Bisa Bikin Bayi Makin Sehat dan Bahagia. https://www.fimela.com/parenting/read/3677735/pelukan-ibu-akan-bikin-bayi-makin-sehat-dan-bahagia

Sebab Wajib Menjauhkan Buah Hati Dari Asap Rokok. https://www.alodokter.com/sebab-wajib-menjauhkan-buah-hati-dari-asap-rokok

The Pregnancy and The Baby Book: Hamil, melahirkan, bayi dan perawatan anak 0-3 tahun.  2016. Tangerang : INSPIRITA Publishing.

7 Manfaat pijat untuk bayi baru lahir. https://wolipop.detik.com/parenting/d-1578078/7-manfaat-pijat-untuk-bayi-yang-baru-lahir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *