12 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Liburan di Rumah

Liburan gak kemana-mana? Di rumah aja juga bisa kok tetap melakukan banyak aktivitas yang positif dan menyenangkan. Sekarang kan lagi liburan Imlek dan cuaca gak menentu sih, tiba-tiba hujan terus panas, jadinya saya gak kemana-mana dan fokus untuk istrahat di rumah. Masih dalam rangka penyembuhan sakit tenggorokan juga. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan di rumah :

  1. Menulis blog

Saya sudah mulai rutin menulis blog sejak akhir 2016. Memang belum lama sih, tapi karena sudah mulai terbiasa, ada hal yang hilang kalau saya gak menulis satu hari aja. Makanya kalau lagi gak kemana-mana, saya sempatkan menulis satu artikel blog setiap hari. Menulis itu membantu kita untuk melatih daya ingat dan mencegah kepikunan. Saya suka menulis apa saja, lebih personal dan banyak yang berdasarkan pengalaman. Selain itu ngeblog, bisa jadi duit juga loh. Kemarin, saya sempat menang lomba nulis blog yang diadakan oleh www.dotcomforme.com dan alhamdulillah dapet voucher belanja Rp. 500.000, walaupun sampai sekarang gak nyampe-nyampe  sih vouchernya, hehehe.. Capek juga sih konfirm bolak-balik tapi prosedurnya banyak banget, tapi lumayan juga buat melatih kemampuan menulis.

2. Menonton film

Selaginya lagi liburan, mau nyantai dikit sambil nonton film drama Korea di laptop. Tadi sih lagi serunya nonton The Legend of The Blue Sea-nya Lee Min Ho. Boleh juga filmnya untuk mengisi waktu senggang.

3. Membaca buku

Ini sih pasti ya, karena saya suka baca buku. Lagi mau namatin buku karya Agatha Christie yang judulnya The Clocks (Mayat Misterius) dan Ibu Kota Lama karya Kasunari Kawabata. Lumayan serius bukunya ya, dan belum sempat namatin.

4. Dengerin musik

Nenangin diri sambil masang headset berisi lagu-lagu favourite di hape, bisa jadi pengisi waktu liburan di rumah. Saya sih lagi dengerin murottal ayat-ayat Quran, seperti surah Al-Kahfi dan Ar-Rahman, bikin perasaan sejuk dan tenang.

5. Bikin perencanaan anggaran rumah tangga bulanan

Saya suka nulis-nulis di notes tentang perencanaan anggaran rumah tangga bulanan saya di waktu santai. Biasanya saya diskusikan dengan suami, ada yang kurang atau ada yang perlu ditambahkan. Saya jadi belajar menentukan skala prioritas dan gak boros. Pusing? Gak juga sih, malah asyik menceklis apa yang sudah kita lakukan di anggaran itu dan merasa senang berhasil mengatur keuangan rumah tangga.

6. Membuat minuman hangat

Hujan-hujan enaknya bikin minuman hangat. Saya suka membuat air hangat campur lemon atau bikin wedang jahe sendiri. Sederhana tapi menghangatkan tubuh, apalagi kalau ditambah biskuit oat, hhmm makin nikmat.

7. Memanfaatkan buah dan sayur untuk di jus

Ada tomat atau wortel di kulkas? Kenapa gak di jus aja? Sehat dan bikin rileks ngejus buatan sendiri sambil menikmati liburan. Liburan harus tetap sehat juga bukan?

8. Membuat cemilan sederhana

Lagi liburan kayak gini, kadang-kadang saya suka buat cemilan sederhana, seperti bakwan goreng, agar-agar,  atau bubur kacang hijau supaya bisa dinikmati bersama suami saya. Memasak di rumah saat liburan itu sesuatu yang positif loh karena lebih mendekatkan diri dengan pasangan.

9. Luluran

Jujur, udah lama gak sempat luluran dan lulur yang dibeli lama gak terpakai. Makanya mumpung ada waktu, saya luluran deh. Biar badan lebih halus dan mulus kan, jangan lupa pakai body lotion setelah luluran biar kulit gak kering ya.

10. Membayar tagihan-tagihan

Biarpun liburan, jangan lupa tetap membayar tagihan-tagihan rutin atau melakukan transaksi via e-banking, seperti membayar kartu kredit, membayar zakat/sedekah, membeli pulsa dan token listrik.

11. Belanja di online shop

Butuh baju atau sepatu tapi malas mau kemana mana, ya tinggal belanja dari online shop. Zaman sekarang semua serba canggih ya, serba online. Bagi yang liburan dan gak mau bermacet-macet di jalanan untuk belanja baju dan lainnya, ya solusinya memang online shop ya. Tapi inget jangan kebablasan, tetap belanja sesuai kebutuhan ya , ladies!

12. Bersih-bersih makeup dan toiletries

Mumpung liburan, kamu bisa membersihkan make up dan toiletries kamu. Pilah-pilah mana yang sudah kadaluarsa dan masih bisa dipakai. Ada yang masih bagus tapi jarang banget dipakai, mungkin bisa disumbangkan . Selain itu, jangan lupa cuci sepatu-sepatu kamu, cuci masker wajah (masker dari kain untuk penghalau debu kendaraan), juga goodie bag yang terbuat dari kain. Mukena, sajadah dan kaos kaki juga bisa kamu sempatkan untuk dicuci saat liburan. Bagi yang malas mencuci, bisa panggil jasa laundry by phone juga. Tergantung kamu yang mana nyamannya ya.

Itu 12 hal yang bisa dilakukan saat libutran di rumah. Bagaimana dengan kamu? Share yuk di sini..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *