5 Cara Agar Berani Menerima Kritik

YunitaSari.com -Catatan kecil ini hanya sebagai self reminder bagi saya untuk lebih baik ke depannya. Kebanyakan kita sulit sekali untuk bisa menerima kritik orang lain, rasanya pengen ngamuk dan marah aja kalau apa yang orang katakan itu menyinggung perasaan kita meskipun terkadang apa yang dikritiknya adalah benar. Beberapa hal yang dapat kita lakukan agar berani menerima kritik :

  • Jika kritik itu tidak benar, maka abaikan saja. Tidak perlu tersinggung. Tarik napas dalam-dalam dan pelan-pelan keluarkan. Jika kita merasa tidak perlu mengkonfirmasinya, maka lebih baik diam saja. Namun, jika kamu merasa kritikan itu cukup mengganggu dan tidak beralasan, lebih baik kamu konfirmasi saja dengan lemah lembut, tidak perlu marah-marah.
  • Jika kritik itu benar, maka tersenyumlah. Boleh jadi, ia mengkritik karena dia peduli terhadap kita, maka cukup kita katakan, ” Terima kasih atas saran dan masukkannya, saya akan berusaha lebih baik lagi.” Kalau perlu tanyakan balik padanya apa solusi atas kritikannya itu. Mengkritik tanpa memberikan solusi sebenarnya juga tidak baik, itu menunjukkan rasa iri dan ketidakmampuan seseorang untuk mendapatkan apa yang kita miliki. Jika ia memiliki solusinya, maka dengarkan, bila baik untuk kita maka pelajarilah.
  •  Jangan memendam rasa marah karena kritikan dan terus menerus difikirkan juga tidak ada faedahnya, karena dapat menimbulkan stress, apalagi jika kritikan itu tidak benar. Kalau saya sih menghadapi orang-orang yang mengkritik tanpa sebab, saya memilih untuk duduk dan minum air hangat supaya tenang, atau ambil wudhu dan sholat. Biasanya setelah sholat, hati lebih lapang. Untuk agama non muslim, bisa berdoa menurut kepercayaannya untuk menenangkan fikiran.
  • Minum susu hangat atau cokelat hangat dapat meredakan ketegangan karena zat-zat didalamnya dapat merilekskan tubuh dan pikiran yang penat. Membantu kita agar bisa beristirahat dan melupakan kritik yang negatif.
  • Jadikan kritik sebagai sarana memperbaiki diri, memang tidak mudah menerima kesalahan diri sendiri, namun hal ini harus kita buktikan kalau kita bisa lebih baik lagi kedepannya. Kita juga mesti introspeksi diri, adakah hal-hal kurang baik yang kita lakukan ke orang lain? Renungi dan take action untuk berubah.

Insya Allah, bisa membantu kamu untuk lebih bisa menerima kritik ya. Nah, buat yang hobi mengkritik, cukup ingat pesan dibawah ini saja ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *