5 Kebiasaan Baru Setelah Memiliki Bayi

Kalau kata pepatah “having a baby is a life changer. It gives you a whole other perspective of why you wake up everyday“. Memang ada benarnya juga sih. Sedikit banyak tentu ada perubahan yang terjadi setelah punya anak, selain waktu untuk diri sendiri yang lebih sedikit dan begadang tentunya (buat new moms, sabar ya!! I feel you, hehehe). Ada juga hal-hal yang menyenangkan kok, ini kebiasaan baru saya setelah punya bayi :

1. Selalu Searching Diskon Popok (^_^)

Sejak punya bayi saya rajin searching popok alias diapers di online shop, hehehe. Entah itu ngelihat ada diskon atau gak, atau ngelihatin review ibu-ibu blogger tentang pengalamannya menggunakan merk popok tertentu untuk anaknya, ingin lihat mana merk popok yang paling nyaman buat Shadiq dan pastinya nyetok popok (diapers) setiap bulan. Makanya si ayah kadang nyeletuk “Kok beli popok lagi, kan masih ada?, “ini lagi diskon lo yah.., ini popok buat siang lo, kalo premium buat pergi-pergi, bla..bla..”. Suami cuma bisa geleng-geleng sambil senyum (^_^).

2. Hobi baca buku parenting

Dulu pas masih single & bekerja, juga udah suka baca buku parenting sih seperti Ayah Edy & Munif Chatib, cuma paling baca buku di library aja (lha wong saya librariannya, bisa baca sepuasnya, hehehe..).

Kalau sekarang pas jadi full time mommy sih jadi suka hunting & beli-beli buku parenting, soalnya selain berguna buat nambah ilmu saya sebagai orang tua, juga aplikatif ( bisa diterapkan ke anak). Jadi orang tua harus update lo soal parenting, karena tantangan untuk anak kita ke depan tentu berbeda dengan tantangan yang kita hadapi dulu, so tugas kita sebagai orangtua adalah mempersiapkan anak memghadapi tantangan pada zamannya. Buku terakhir yang saya baca adalah Parenthink yang ditulis, Mona Ratuliu.

3. Mendadak bersih & “Steril”

Jujur saya buka tipe perempuan yang hobi bersih-bersih, namun sejak punya bayi jadi lebih memperhatikan kebersihan. Dari mulai rajin membersihkan tempat tidur & memastikan tidak ada binatang/ serangga saat si Shadiq tidur, prewash semua baju bayi sebelum dipakai dan baju-bajunya selalu dicuci khusus deterjen bayi, juga cuci & steril perlengkapan pompa ASI sebelum digunakan, rajin ganti sprei juga, merapikan kamar sesering mungkin walau gak rapi-rapi amat, hehehe.

4. Memilih Pakaian Busui Friendly

Memiliki anak yang masih menyusu mau tidak mau mengubah gaya berpakaian saya, yang tadinya bebas-bebas aja mau beli pakaian, sekarang harus difikirkan apakah pakaian tersebut cocok buat busui atau tidak. Sekarang saya lebih memilih pakaian yang berkancing depan atau memang khusus baju menyusui (Nursing Wear).

5. Menghindari Fastfood

Anak memberi banyak dampak positif dalam hidup saya. Saya menjadi lebih memperhatikan kesehatan saya pribadi, karena menyusui dan merawat bayi membutuhkan energi ekstra. Saya jadi lebih berhati-hati mengkonsumsi makanan dan sebisa mungkin menghindari fastfood. Makanan sehat seperti buah, sayuran, sereal dan susu ikut memberi andil besar membuat tubuh lebih sehat & segar, terlebih untuk ibu menyusui seperti saya, apa yang saya makan, itulah yang dikonsumsi bayi saya. Masih jadi peer buat saya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI untuk lulus ASI eksklusif selama 6 bulan.Nah, kalau moms, apa kebiasaan baru setelah memiliki bayi? Yuk, sharing di kolom komen ya..