5 Topik Percakapan Yang Harus Dihindari Pada Orang Yang Baru Dikenal

Sering gak ketemu orang baru tapi tingkahnya bikin kita gak nyaman? Atau mungkin pernah beberapa kali bertemu tapi bukan orang yang dekat dengan kita, namun merasa paling tahu tentang kita? Pasti kesel ya, tapi susah juga mau gak ngelanjutin topik percakapan ke orang yang “nyinyir” banget ke kita karena mereka biasanya agak lama nyadar kalo kata-katanya bikin orang terganggu. Karena itu saya sendiri berusaha menjaga banget kata-kata saya ya terutama dengan orang yang saya gak kenal dekat, gak akrab, juga yang baru saya kenal. Nah, biasanya beberapa topik yang saya hindari saat bertemu orang baru yang gak begitu dekat adalah :

01. Nanya usia

Harap dicatat ya, pantang banget nanya-nanya usia ke orang yang baru dikenal terutama wanita. Salah-salah terka usia malah kena omelan kan gak lucu, hehe… kecuali dia yang cerita sendiri usianya berapa. Paling-paling saya hanya bertanya kalau ada yang nanya cara mendaftar jadi anggota perpustakaan, “Untuk kelengkapan data anggota saya perlu tahu tanggal lahir nya,  masih sekolahkah atau sudah bekerja ya”

02. Nanya udah menikah atau udah punya anak

Nah, yang ini super sensitif ya, apalagi kalau kita baru bertemu pertama kali, sebaiknya topik ini dihindari saja. Pertanyaan sudah menikah atau sudah punya anak tentu saja bisa menyinggung perasaan orang yang kita tanya, karena jodoh dan anak itu rezeki dari Allah yang kita tidak tahu kapan datangnya.

03. Nanya Berat Badan

Wanita kan paling sensitif kalo ditanya berat badan, hehe. Saya sih gak karena memang gak pernah gendut, malah kalo dibilang gendutan senangnya minta ampun. Tapi saya selalu menjaga sih kalau ketemu orang baru dan wanita pula, untuk gak langsung bilang, “Gendutan ya?” atau “Kurusan ya?” Bisa-bisa mood orang jadi jelek gara-gara ucapan kita.

04. Nanya agama dan sukunya apa

Saya rasa kurang sopan menanyakan agama dan suku seseorang yang kita tidak kenal dekat, rasanya kok rasis sekali ya, hehhe. Apapun agama dan sukunya kan gak menjadi masalah, siapapun berhak menjalin pertemanan.

05. Nanya berapa gajinya

Pernah gak ditanya berapa gajinya sama seseorang yang bahkan ketemu pun baru sekali? Saya pernah dan sempat terbengong juga sedetik karena gak nyangka akan ditanya begitu, dan saya rasa itupun tidak sopan. Gaji dan pendapatan seseorang adalah hal yang privat dan tak perlu kita tanyakan, bahkan untuk orang yang sudah lama kenal pun, sebaiknya tidak usah menanyakan masalah pendapatan seseorang.

Itulah lima topik yang harus dihindari ketika kita bertemu dengan orang baru atau belum begitu akrab. Hindari merasa sok tahu akan segala hal dan cobalah menjadi pendengar yang baik bagi orang-orang yang baru kita kenal dan berbicaralah sewajarnya. Ketika menghadapi orang-orang yang suka kepo dan sok tahu, saya biasanya tidak berlama-lama untuk mengobrol, sebisa mungkin saya akan menyudahi percakapan tersebut dengan cara halus dan tidak menyinggung. Biasanya sih dari gesture tubuh dan pandangan yang tidak fokus pun, lawan bicara akan mengetahui bahwa kita merasa tidak nyaman dan akan menghentikan obrolan dengan sendirinya.