Are you a millenial moms?


Apakah kamu adalah ibu yang sering memanfaatkan gadget untuk mencari informasi parenting terbaru? atau kamu termasuk ibu yang cenderung menentang pada norma-norma sosial konvensional di masyarakat tentang pola asuh anak? Mungkin kamu termasuk millenial moms.

Apa sih millenial moms? Millenial moms adalah ibu yang lahir antara tahun 1980 hingga 1990- an awal. Berdasarkan analisis US Data Bureau , 1 dari 5 ibu adalah Millenial Moms (22%) dari 9 juta orang di dunia.

Secara umum, millenial moms tidak ingin anak-anaknya tumbuh dengan pola asuh yang sama seperti dirinya ketika masih kecil, namun mereka menginginkan cara asuh yang lebih baik dari jaman kakek nenek dulu.

Millenial moms cenderung ‘melek’ teknologi. Mereka memanfaatkan media teknologi untuk mengakses berbagai informasi terbaru mengenai parenting, tidak mudah percaya tentang mitos-mitos pengasuhan, menolak untuk menyerah dengan kata-kata, “dari dulu sudah begitu…,” dan mencari tahu berbagai referensi yang dianggap relevan untuk mencari fakta. Millenial moms juga biasanya aktif di sosial media baik itu facebook, instagram, twitter, pinterest, dll. Mereka kerap kali mendokumentasikan perkembangan anak-anak mereka bahkan sejak bayi melalui foto, video dan channel youtube.

Millenial moms berfikiran lebih terbuka, mereka berpendapat pasangan adalah partner bersama dalam pengasuhan anak. Mereka kurang menyetujui pembagian tugas rumah tangga yang bersifat tradisional dan berdasarkan gender. Jadi, jangan heran ya kalau melihat pasangan yang saling berbagi peran bahkan, banyak ayah terlihat menggendong bayi di pusat-pusat perbelanjaan, lihai mengganti popok, membantu ibu menjaga anak, mengajak anak bermain, mendukung penuh ibu menyusui paham mengenai penyimpanan ASIP , bisa jadi mereka adalah millenial parents.

Tidak seperti pendahulunya yang terlalu mengekang anak, millenial moms membebaskan anak-anaknya memilih, melatih anak belajar lebih mandiri sejak dini dan lebih demokratis. So, berbanggalah menjadi bagian dari millenial moms. Tercatat millenial moms kebanyakan adalah ibu-ibu yang menyelesaikan pendidikan formalnya di perguruan tinggi, namun tak melupakan kodrat sebagai ibu. Malah semakin sering kita jumpai, millenial moms adalah working mom at home, ibu-ibu kreatif yang memasarkan dagangannya lewat sosial media dan market place, bahkan ada pula yang membuat blog profesional untuk mulai membangun bisnis dan ikut bergabung dalam sebuah komunitas parenting untuk ikut berbagi pengalaman-pengalaman mereka dalam mengasuh anak serta update pengetahuan. Are you millenial moms? Apapun gaya pengasuhan yang kamu miliki, dapat mewariskan generasi yang lebih baik dari sekarang dan tentu saja dengan cara membahagiakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *