Sharing is caring!

H-3 menuju MPASI Shadiq. Yeay, emaknya udah mulai semakin deg degan sekaligus excited banget. Karena udah niat mau bikin MPASI homemade, maka saya pun mencoba membuat kaldu daging sebagai lemak tambahan di MPASI Shadiq. Kenapa mesti bikin sendiri sih? Repot amat. Mungkin banyak yang mikir begitu, sebenarnya gak repot kalo udah disiapin bahan-bahannya dan alat masaknya, juga buku resep andalan buat nyontek cara buat kaldu sapi homemade😁.

Tadinya rencana mau buat kaldunya di slow cooker aja, biar praktis tinggal cemplung-cemplung aja, eh ternyata ukuran panci slow cookernya kecil banget euuyy, pas disusun bahan-bahannya aja udah penuh tu panci, gimana lagi mau nuang airnya😂, akhirnya mutusin bikin kaldu daging pake panci biasa dan masak diatas kompor. Yuk, ah kita mulai masak, malah banyakan curhatnya., hehe.

KALDU SAPI HOMEMADE

Bahan

1/4 kg daging sapi, pilih bagian haas nya

1 buah wortel, potong-potong

1 buah bawang bombay, potong-potong

1 batang daun bawang/sop, iris-iris

1 batang daun prei,  potong-potong

700 ml air

Cara membuat :

1. Cuci bersih daging dan sayuran dengan air yang mengalir.

2. Rebus daging bersama wortel, bawang bombay, daun bawang dan daun prei. Masak dengan api kecil selama minimal 30 menit.

3. Angkat lalu saring dengan saringan kawat. Dinginkan dahulu di suhu ruang sampai uapnya hilang.

4. Masukkan ke dalam ice cube tray atau kantong ASI gabag ukuran 100 ml. Diamkan di kulkas bawah selama satu hari, lalu besok baru dimasukkan ke freezer.

*Tips memasak

1. Gunakan talenan yang berbeda untuk mencuci sayuran dan daging untuk mencegah bakteri silang.Lebih baik gunakan talenan kayu.

2. Cuci bersih peralatan masak sebelum dan sesudah digunakan dengan sabun antibakteri.Begitu juga sayuran untuk membersihkan sisa-sisa pestisida yang menempel.

 

Sharing is caring!