Catatan awal tahun 2020 : Banyakin Syukur, Kurangin Ngeluh

menyusun resolusi 2020
Resolusi tahun 2020 kali ini saya tidak mau muluk-muluk. Perbaiki diri, belajar hal-hal baru, dan kurangin mengeluh apalagi buat hal-hal kecil. Ngeluh? Iya ngeluh. Pernah gak  sih kamu ketemu orang  yang suka komplain terus alias menyalahkan keadaan dan ngeluh aja? Atau jangan-jangan kamu termasuk? Hehe..Ngeluhin cuaca pun ternyata juga gak baik loh.  Ntar dikasih cuaca yang cerah salah,  dikasih cuaca yang mendung atau berhujan juga ngomel-ngomel.
Padahal apapun cuacanya, selalu saja ada hal baik yang bisa kita dapatkan. Contohnya nih kalau cuaca cerah, kain jemuran bisa cepat kering kan? Kita bisa ajak main anak di halaman rumah, bisa jalan2 dan sebagainya.  Begitu juga saat hujan, saya suka ajak si kecil berdoa bersama dan mengajaknya main hujan  di samping dapur, merasakan titik-titik air yang jatuh dari langit , lalu mengumpulkan air di ember , sambil mengajarkannya bahwa hujan pertanda kekuasaan Allah. Omong-omong soal hujan, suami pernah bilang begini, “Kenapa sih harus ngeluh saat hujan deras turun?itu sama aja kita menyalahkan Allah kan?  Abang malah selalu berdoa ,” Ya, Allah jadikanlah rezekiku sederas hujan ini. Amin.” ini jadi tamparan keras buat saya yang terkadang masih suka ngeluh soal hujan apalagi kalo lagi di jalan padahal tak ada yang Allah turunkan dengan sia-sia. Intinya berprasangka baiklah pada Allah.
Lalu, kenapa sih masih banyak aja orang yang suka komplain. Pertama, kurang bersyukur. Kalau kita kurang bersyukur pada Allah, maka ada aja yang kurang. Dalam hal finansial deh, sebenarnya bukan seberapa banyak yang kita dapat tetapi bagaimana kita mengelolanya, memanfaatkannya untuk diri sendiri dan orang lain. Jadi mau banyak atau sedikit kalau kita bersyukur, ya terasa cukup aja sih. Bersedekah juga bagian dari bersyukur, jadi sisihkan sebagian untuk bersedekah.
bersyukur bisa menambah rezeki-nikmat
Kedua, tidak punya rasa empati. Orang yang tidak punya rasa empati biasanya cenderung selalu menjudge dan menyalahkan orang lain, dan merasa diri paling benar. Misalnya nih, ketika kita mendapati orang lain mendapat musibah, harusnya kita mendoakan saja yang baik bukan malah menyalahkan apa lagi menyumpahinya. Kita tak pernah benar-benar tahu masalah orang tersebut dan seberapa keras kehidupan yang dijalaninya, so kalau kita tak bisa membantu, lebih baik diam.
Ketiga, tidak open minded alias pikirannya sempit. Nah, supaya pikiran kita lebih terbuka, banyak baca buku, majalah atau baca berita terkini, ikut seminar, atau kulwap (Kuliah via Whatsapp) , dan sering-sering ngobrol dengan org yg berpikiran positif juga. So, mulai sekarang perbanyaklah bersyukur dan kurangin ngeluh ya!
cara bisa open minded
#Resolusi2020 #selfreminder #renungan #bersyukur