The days after having a baby: perubahan fisik pasca melahirkan

 

Sejak melahirkan banyak perubahan yang terjadi pada perempuan, terutama fisik. Soal berat badan, Alhamdulillah saya gak berubah, tetap begitu saja. Semasa hamil hanya naik 10 kg, begitu melahirkan sudah turun lagi 45 kg, dan sekarang si bayi sudah 4 bulan, berat badan turun lagi. Bener deh kata orang, obat diet alami itu ngurusin anak., hehe. Hhmmm, tapi gak usah diet dietan segala mah, mau gemuk atau kurus, yang penting sehat ya. Kalo kata si abang (suami), metabolisme saya terlalu tinggi, jadi makan apapun tetap kurus. Gak tau bener apa enggak, atau dia cuma kepengen menghibur istrinya doang yang agak terobsesi pengen gemukan, hehehe.

Iya, saya berharap pengen gemukan habis lahiran karena saya kan memang kurus tuh dari gadis dulu.Mikirnya sih bakal kayak mama saya, yang waktu belum nikah tuh langsing, setelah punya dua anak jadi gemuk. Dan ternyata, melahirkan gak banyak pengaruh buat saya. Saya konsumsi pil Kb juga gak gemuk. Suami saya pernah nyeletuk begini, “Sayang, kamu gemukan dikit donk. Ntar dipikir orang kamu gak dikasi makan sama abang.” Giliran saya yang bengong, “Tumben sayang mikirin kata orang.” Suami nyengir.

Sebenarnya saya sih nyantai aja soal berat badan ini, asalkan gak disinggung apalagi sama orang orang kepo yang gak kenal dekat. Pernah ada tetangga yang nyeletuk, “Kamu gak suka makan ya. Kalo nyusuin tuh harusnya makan yang banyak, makan jangan sekali, bla bla”. Dalam hati ,”Ini orang apaan sih, sok tau banget”. Perlu banget apa saya jelasin kalo saya makan banyak, cemilan apa lagi, penuh tuh di kulkas, mau lihat? Stok ASIP mau lihat juga gak? Atau ada juga yang meragukan sih  kalo saya menyusui dan masih ASI ekslusif, gak campur sufor, karena dilihat badan saya kurus. Mau badan kurus atau gemuk itu gak ada kaitannya dengan kemampuan menyusui. Menyusui itu yang dibutuhin itu niat, konsisten, kerja keras, hati yang tenang, happy, sabar dan ikhlas, Insha Allah ASI banyak. Cuma ya itu masih banyak aja orang gak ngerti.

Perubahan fisik lainnya pasca melahirkan adalah rambut rontok. Duh, serem deh dimana mana ada rambut tiap bangun pagi ,tiap sisiran dan tiap habis mandi pagi. Saking takutnya saya sampai nanya ke konselor AIMI, apakah rambut rontok itu wajar pasca lahiran dan apa ada hubungannya dengan menyusui. Ternyata tidak. Rambut rontok atau disebut postpartum hair loss memang wajar terjadi setelah melahirkan dan akan membaik dengan sendirinya hingga anak berusia satu tahun. Tidak ada yang bisa dilakukan, paling potong rambut pendek dan perawatan rambut seperti biasa.

Rambut rontok kaitannya BUKAN dengan menyusui, tetapi terkait dengan kehamilan dan melahirkan.

Begini penjelasan Mbak Eka, salah satu konselor Aimi Sumut melalui grup WA:

“Rontok rambut setelah melahirkan dialami hampir semua ibu karena perubahan hormon, terlepas dia menyusui atau tidak. Selama hamil, rambut ibu2 berada dalam kondisi terbaiknya: tebal dan tidak rontok karena hormon Androgen yang memperpanjang usia rambut. Itu juga kenapa banyak yg bilang ibu2 hamil biasanya kulitnya kelihatan sehat dan kelihatan lebih cantik, berterima kasihlah pada hormon Androgen ini. Nah, setelah melahirkan, jumlah hormon Androgen turun bertahap dan akibatnya rambut ibu kembali ke kondisi semula yaitu ada fase rontok dan tumbuh. Di fase ini, rambut yang saat hamil tidak rontok, baru rontok sekarang. Saat nanti semua rambut yang harus rontok saat hamil tadi sudah rontok, rontoknya akan berhenti sendiri. Jadi, tidak usah takut botak, karena akan ada rambut baru yg tumbuh bersamaan dengan rontoknya rambut lama tadi. Tidak perlu ada perawatan khusus, karena nanti akan berkurang dengan sendirinya. Lakukan saja apa biasanya dilakukan untuk merawat rambut Anda.” 

Sumber lainnya bisa dibaca di sini https://www.parents.com/pregnancy/my-body/postpartum/dealing-with-postpartum-hair-loss/ atau https://www.babycenter.com/0_postpartum-hair-loss_11721.bc

Wah, syukurlah, jadi lebih lega. Palingan sekarang saya cuma pake minyak kemiri rutin setiap pagi 2 hari sekali, rutin keramas pake shampo khusus rambut rontok 2 hari sekali, konsumsi sayur buah, dan minum susu almond.

Jadi, kalo ditanya perubahan fisik pasca melahirkan : berat badan turun dan rambut rontok. Kalo moms gimana? Ada yang punya pengalaman yang sama? Keep healthy and strong y moms. Happy weekend!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *