Dilema Laundry Kiloan

Cerita ini terinspirasi dari banyaknya cucian yang numpuk di musim hujan. Cuaca saat ini sudah tidak menentu, pagi bisa panas banget, nanti sore dan malam hujan bisa turun sangat lebat. Jadi, kalau mau nyuci di cuaca yang ga bisa ditebak kayak gini sering bikin sebel. Udah capek-capek nyuci nih, eh sorenya hujan lebat dan saya juga suami masih di kantor, ya udah deh cucian yang seharusnya udah kering jadi basah lagi. Solusinya ya: Laundry! Ngomong-ngomong soal laundry, saya sebenarnya udah sering laundry sejak saya mulai bekerja. Usaha laundry kiloan sekarang kian menjamur di kota Medan, menawarkan jasa laundry kiloan dan paketan dengan harga yang terjangkau. Dulu sempat nge-kos di daerah yang banyak banget yang nawarin jasa laundry kiloan. Ya, namanya laundry kiloan ya, ada aja plus minusnya. Nah, ini nih yang mau saya share soal dilema laundry kiloan.

Pernah dulu saya langganan laundry kiloan deket kos saya. Enaknya itu, laundrynya menawarkan jasa antar jemput cucian, jadi gak perlu repot-repot datang ke tempat. Lumayan rapi dan bersih, walaupun usaha rumahan , si owner udah punya beberapa pegawai yang bantu dia buat cuci-setrika. Karena udah sering pake jasa laundry ini, saya jadi kenal akrab sama ownernya yang memang baik dan ramah. Namun, karena udah akrab, jadinya selesainya baju saya sering molor. Janjinya sehari bisa gak selesai, atau janjinya tiga hari bisa selesai lebih dari seminggu! Kadang udah janji nih mau nganter baju yang udah selesai dicuci, tapi akhirnya saya juga mesti datengin ke rumahnya malem-malem karena dia kelupaan anter! Pernah juga beberapa baju saya ketuker sama punya orang dan handuk saya hilang, tapi karena udah kenal sama ownernya jadi gak tega mau minta ganti.

Setelah menikah,  saya sempat tinggal di rumah yang disebelahnya ada laundry. Laundrynya sebenarnya tempatnya sederhana dan biasa-biasa aja, tapi hasilnya saya puas! Selain pemiliknya sangat ramah, pelayanannya oke. Namanya Beautiful Laundry. Dengan harga Rp. 7000/kg bisa selesai express 1 hari. Kita cuci hari ini, jam 5 sore teng keesokan harinya udah selesai, jarang banget molor waktunya. Saya juga bisa request baju yang gak bisa dicuci pake mesin, jadi minta dicuci manual dan harga untuk baju yang dicuci per item sangat sangat terjangkau. Selama setahun laundry disitu, belum pernah ada komplain sih. Sayangnya, setelah saya pindah rumah, saya gak bisa lagi laundry di sini karena jaraknya jauh.

Kemudian, di rumah baru yang sekarang, malah kebingungan nih nyari tempat laundry yang bagus. Bukannya gak ada, malah banyak banget laundry kiloan berjejer gak jauh dari tempat saya tinggal. Nah, akhirnya karena banyak banget cucian kemarin, dan saya ga dibolehin nyuci karena lagi hamil, maka kami pun laundry di salah satu laundry kiloan yang cukup terkenal di Medan. Dari segi letaknya, laundry ini cukup strategis karena dekat dengan kampus, perkantoran, sekolah, hotel dan tempat makan. Saya lihat pengunjung yang datang juga banyak. Tempatnya juga bagus. Mereka menawarkan laundry express Rp 7000/kg siap 1 hari dengan peraturan baru yaitu pembayaran laundry harus lunas dimuka, tidak boleh dibayar setelah cucian selesai.Namun, hasilnya…. bener-bener ngecewain deh. Saya dan suami bela-belain datang malam buat ambil cucian, dan itupun sudah lewat 1 hari , tapi ternyata laundry kami belum selesai! Itupun harus menunggu antrian yang panjangggg banget dan saat suami saya komplain kenapa belum siap, pegawainya gak bisa jawab. Kami gak mau tau donk, mau hujan, mau pegwainya gak datang, karena mereka janji kasih express dan kita sudah bayar tunai di muka. Kita ngelunasin kewajiban kita, ya wajar dong kita mendapatkan hak yang semestinya. Suami saya kesel, karena kondisi saat kami ambil baju itu hujan dan saya udah keletihan setelah pulang kerja dan bawaannya mual karena hamil. Malah pegawainya nyuruh kami nunggu setengah jam lagi, gak minta maaf atas kelalaiannya, suami saya nolak dan kami pun pulang.

Keesokan harinya, saya dan suami ambil laundry lagi di tempat itu, itu udah malam lho, dan pelayanannya lamaaaaa… banget padahal tinggal nyocokin bon dengan letak baju yang sudah selesai. Kelihatan banget kan, kalau mereka ga profesional, dan manajemen laundry-nya gak rapih. Dan hasilnya, setrikaannya itu gak rapih, masih kusut dan gak terkancing semua bajunya. Ckckck.. saya ngomel sampai di rumah dan bilang gak akan laundry di situ lagi. Segitu dulu deh pengalaman saya menggunakan jasa laundry kiloan, saya gak bilang semua laundry kiloan gak bagus, tapi memang jarang sih nemuin yang pelayanannya memuaskan. Ada yang punya pengalaman yang sama dengan saya?

Save

Save

Save