Food Preparation & Free Printable Ramadhan Meal Planner

Dalam hitungan hari Umat Muslim di seluruh dunia akan menyambut bulan suci Ramadhan. Persiapan apa aja yang udah kamu lakukan menyambut bulan penuh berkah ini? Biasanya yang paling pusing mikirin menu sahur dan berbuka itu ya para ibu. Saya biasanya udah mulai searching di internet apa ya kira-kira menu-menu yang simpel untuk buka puasa dan sahur. Syukurnya di zaman serba digital ini sekarang mau cari resep apa aja mudah ya, tinggal mainkan jari saja dan semua resep yang berkaitan akan muncul di layar smartphone. Salah satu persiapan penting menyambut bulan Ramadhan adalah food preparation. Sebenarnya di hari-hari biasa juga saya melakukan food preparation sih, tapi untuk Ramadhan , food preparation harus lebih baik lagi ya, karena bisa sangat menghemat waktu dan tenaga dalam menyiapkan menu sahur dan berbuka , apalagi buat para ibu muda yang masih punya bayi atau balita , tentu repot ya membagi waktu untuk memasak dan mengurus si kecil. Dengan adanya food preparation ini bisa memangkas waktu memasak jadi lebih singkat.

Apa sih Food Preparation Itu?

Food preparation adalah teknik  menyiapkan bahan makanan untuk suatu periode (bulanan, mingguan, atau tiga harian). Saya cenderung melakukan food preparation seminggu sekali saja, agar kualitas bahan makanan seperti ikan-ikanan dan sayuran masih segar.

Manfaat Food Preparation

-Menghemat waktu memasak

-Mengontrol pengeluaran belanja sesuai menu mingguan

-Bahan makanan tetap segar dan awet

-Bahan makanan tidak terbuang sia-sia

Langkah-langkah Food Preparation

Sebelum melakukan food preparation, ada baiknya kamu merancang menu setiap minggunya, lalu berbelanjalah sesuai rencana menu yang dibuat. Ini berguna agar bahan makanan yang dibeli tidak terbuang sia-sia dan ibu tidak bingung lagi akan masak apa hari itu karena sudah punya daftar menu mingguan. Untuk menulis menu untuk sahur dan berbuka kamu bisa unduh gratis Ramadhan Meal Planner DISINI.  Saya buatkan juga ide makan siang untuk anak karena mungkin anak masih belajar berpuasa dan hanya mampu setengah hari, atau buat yang masih dibawah lima tahun, tetap harus siapkan makan siang anak, juga saya sertakan planner daftar belanja. Selamat mengunduh ya!

Oke, kita lanjut lagi ya. Alat yang digunakan untuk food preparation cukup sederhana. Hanya butuh wadah makanan yang kering dan tertutup. Pastikan wadah makanan itu aman dan ada label BPA free ya, selain itu  kamu butuh pisau dan talenan.  Talenan untuk daging-dagingan dan sayur sebaiknya dipisah untuk mencegah kontaminasi silang dari bakteri. Saya pernah membaca sebenarnya talenan kayu lebih baik dari talenan plastik karena talenan plastik butuh waktu lebih lama agar bakteri yang mengendap ditalenan bisa hilang dibanding kayu, cuma talenan kayu butuh perawatan ekstra ya, kalau lembab akan hitam dan berjamur.

Berikut cara melakukan food preparation:

 

1. Ikan/Seafood

Ikan yang sudah dibersihkan sisik dan isi perutnya, cuci bersih lalu lumuri air jeruk nipis. Simpan dalam wadah. Simpan dalam frezeer.  Udang saya bersihkan kepala dan ekornya, saya cucinbersih dan lumuri jeruk nipis juga, sedang kulitnya saya bikin kaldu udang untuk campuran masakan chineese food semacam cap cay.

2. Ayam

Setelah dipotong-potong, cuci bersih, lumuri air jeruk nipis. Jika jumlah banyak, bagi per porsi lalu simpan freezer. Saya biasanya bagi  ayamnya 1/2 kg dalam 3 wadah. Ada wadah khusus sayap aja, karena saya suka bikin chicken wings atau chicken winger ala kfc, 1/2 lagi yangg banyak dagingnya biasanya untuk soto atau sop, dan 1/2 lagi untuk perencah sayuran. Lemak-lemak ayam tidak saya buang karena bisa dipake untuk bikin minyak bawang putih saat bikin mie ayam. Kadang juga stok ceker ayam untuk bikin kaldu.

3. Daging

Saya jarang beli karena si kecil tidak terlalu suka. Kalau beli pun tidak banyak dan biasanya untuk bikin sop saja. Disimpan dalam wadah tanpa dicuci. Saat diolah baru dicuci.

4. Sayuran

Saya hanya stok sayuran yang tahan lama saja seperti wortel, kentang dan buncis juga tomat, simpan di kotak bawah. Kalau sayuran yang gampang layu, seperti bayam dan kangkung, saya petiki dulu lalu saya simpan wadah tertutup tanpa dicuci. Taoge juga saya siangi dulu baru masukkan kulkas. Untuk kentang saya taruh di luar kulkas. Daun jeruk dan daun salam saya masukkan wadah kecil dan masukkan kulkas bawah.  Cabe merah dan cabe hijau disiangi lalu masukkan wadah yang berbeda. Untuk bawang merah dan bawang putih bisa dikupas dan disimpan di wadah tertutup dan disimpan di kulkas bawah, bila ingin langsung blender juga bisa tapi saya lebih suka yang dikupas saja, kalau mau masak baru saya blend atau iris.

5. Telur

Saya cuci dulu sampai bersih dan dikeringkan baru masukkan kulkas. Kalau mau ditaruh diluar juga tidak apa-apa, saat dimasak baru saya cuci.

Ukuran kulkas saya juga tidak begitu besar jadi tidak semua saya masukkan ke wadah sih, saya masukkan ke kotak bawah kulkas seperti daun prey dan daun seledri.

Bagaimana? Mudah bukan melakukan food preparation ? Memang kelihatan repot diawal tapi nantinya akan memudahkan saat akan memasak dan lebih hemat waktu tentunya. Selamat mencoba ya!