FridayStory #3 : Start from the little things

Start from the little things. Dalam hidup terkadang kita suka menyepelekan hal-hal kecil. Padahal hal-hal kecil akan berdampak besar jika kita melakukannya terus-menerus. Saya pun begitu. Berusaha memulai hal baik walau sekecil apapun, mulai dari diri sendiri dan mulailah saat ini. Tidak perlu muluk-muluk melakukan perubahan besar, kita gak mesti harus jadi Superman atau Wonderwoman dulu untuk melakukan hal-hal kecil yang baik dan positif, hehe. Lihatlah di sekeliling, juga dari dalam diri, apa saja yang bisa kita lakukan?

  • Membiasakan diri mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas

Mencuci tangan adalah cara paling sederhana menjaga kesehatan kita, terutama sebelum dan sesudah makan juga setelah BAK dan BAB. Kelihatannya sih mudah ya namun sering terlewatkan. Mencuci tangan dengan air dan sabun dapat meminimalisir penyakit perut dan diare.

  • Membuang sampah pada tempatnya

Terdengar klise memang, namun sungguh kebiasaan membuang sampah ini sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Dan mengenai pembiasaan ini saya sangat berterimakasih pada orangtua yang mengajarkannya sejak kecil .Hingga detik ini saya selalu menanamkan hal tersebut untuk diri saya. Masalah banjir dan lingkungan sebenarnya bisa dicegah dengan membuang sampah pada tempatnya. Bagi saya, buang sampah sembarangan adalah karakter ya. Tidak perlu dengan banyak alasan mengatakan tugas pemerintah, dinas kebersihan, atau gak ada tong sampah. Cukup simpan saja sampah yang kita punya jika sulit menemukan tong sampah terdekat, dan buang ketika sudah menemukannya, bukan dengan membuang sampah seenaknya di jalanan atau tempat publik.

  • Sedekah

Rutin sedekah meski dengan nominal yang tidak besar sudah saya terapkan hingga kini. Memang kesadaran itu belumlah lama, namun bagi saya lebih baik memulai daripada tidak sama sekali. Sedekah itu bisa dimana saja dan kapan saja. Soal tersampaikan atau tidak, permasalahan ikhlas, itu bukan urusan kita, biarlah Allah yang tahu. Toh kita cukup cerdas kan memilih lembaga atau orang yang bisa kita berikan sedekah. Banyak mesjid, panti asuhan, atau tetangga yang kekurangan yang mungkin membutuhkan bantuan. Alasan sibuk dan gak ada waktu? Sekarang banyak kok sedekah online hanya modal internet saja. Tinggal transfer dan sedekah sampai. So easy, right?

  • Menabung

Ya, tidak ada kata terlambat untuk menabung. Menabung dalam bentuk apa saja, mau itu uang, investasi properti, emas, itu terserah pada kita. Saya selalu tekankan untuk menabung di awal bulan dengan langsung menyisihkan sebagian pendapatan ke rekening khusus tabungan, jangan malah sebaliknya. Menabung di akhir tidak akan bersisa. Percaya deh.

  • Mematikan alat elektronik yang tidak di perlukan

Yup, mulailah hemat energi dari sekarang. Matikan keran air jika tidak diperlukan, begitu pula lampu di siang hari. Jika bepergian pastikan semua alat elektronik yang tidak diperlukan sudah tidak menyala. Dan kamu akan takjub melihat bahwa kamu bisa menghemat pengeluaran listrik dan air dengn sesederhana itu.

  • Tersenyum

Saat ini banyak orang yang sudah lupa tersenyum ya. Padahal senyum itu bagian terkecil dari sedekah. Lebih enak mana ketemu dengan orang yang suka tersenyum dengan orang yang jutelk, judes dan galak? Hehehe.. tersenyumlah, walau banyak masalah, walau kesulitan menerpa karena senyum itu membahagiakanĀ  orang lain dan mengurangi beban diri kita sendiri.

  • Minum air putih sebanyak minimal 8 gelas

Sudah gak perlu dijelaskan lagi kenapa harus minum air putih kan? Air putih bermanfaat sekali bagi kesehatan dan mulailah sejak dini.

  • Makan buah

Saya hobi makan buah walaupun gak semua buah sih. Terlebih sejak hamil, makan buah alpukat itu jadi keharusan karena kaya asam folat.

Apalagi ya? Banyak lagi sebenarnya. Kamu bisa menambahkan sendiri hal-hal kecil namun berdampak besar buat kehidupan yang positif. Kalau sudah, silahkan share ya dengan meninggalkan komen di bawah ini. Makin banyak komen, berati akan lebih banyak menginspirasi orang lain untuk berbuat hal-hal kecil namun bermanfaat besar buat kehidupan ya, guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *