Ini Dia Perlengkapan Ibu & Bayi yang Wajib Dibawa Saat Melahirkan

 

Making a decision to have a child–it’s momentous. It is to decide forever to have your heart go walking around outside your body.     

Elizabeth Stone

Sebenarnya udah telat banget ya posting soal perlengkapan menjelang lahiran yang harus dibawa saat ke rumah sakit, karena si kecil udah setahunan, hahaha… tapi gakpapa , saya lagi mau flashback lagi masa-masa bahagia menanti persalinan anak pertama. Kala itu gak sempat mau nulis blog ya. Sebenarnya bukan gak sempat tapi mood nulis selama masa kehamilan benar-benar hilang! Mungkin bawaan hormon kehamilan ya (duh, salah lagi si hormon), wkwk, ga pengen nulis samasekali. Adaptasi dengan kondisi badan yang makin gede, dan masih kerja waktu itu, pulang kerja udah malam bawaannya ngantuk ya bok! Jadinya ya kosong aja gitu blog pas hamil, hanya pernah sekali dua kali posting.

Pas hamil males dandan, cuma pake bedak tabur. Saat jalan pagi pun gak mandi. haha…

Daftar perlengkapan ini saya buat berdasarkan pengalaman saya sewaktu lahiran Shadiq, dengan catatan ini adalah persalinan caesar terencana ya. Kalau untuk lahiran normal , mungkin beda lagi. Saya membagi perlengkapan menjadi dua tas jinjing besar , satu khusus untuk saya dan ayahnya dan satu lagi diaper bag khusus buat si bayi. Ini saya lakukan supaya lebih mudah untuk mencari barang yang diperlukan dan tidak bercampur.

Tas jinjing besar untuk saya dan suami berisi :

1. Nursingwear alias baju menyusui. Beberapa baju longgar khusus untuk menyusui atau piyama berkancing yang nyaman. Saya membawa 3 pasang baju menyusui saat itu. Satu pasang baju menyusui dengan akses menyusui kanan kiri , piyama berkancing, dan satu dress panjang saat pulang dari rumah sakit. Baju menyusui merk lokal yang nyaman yang sering saya pakai adalah Mamigaya Nursingwear.

Nursingwear

2. Nursing Bra atau bra menyusui sebanyak 2-3 buah, ini juga penting banget ya. Karena saat bayi mau nangis minta nenen, kini tinggal membuka kancing kaitan atas bra atau kancing depan bra saja. Pilih yang nyaman dengan ukuran yang sesuai ya. Contoh nursing bra adalah merk Mooimom dan Sorex Maternity Bra.

Nursing bra

3. Celana dalam hamil, walaupun udah lahiran, biasanya perut masih gede ya atau masih nyeri pasca caesar, jadi celana dalam hamil yang gede dan berkaret elastis harus dibawa. Bawa sebanyak 2-3 pasang. Merk yang saya pakai adalah Sorex.

Celana dalam hamil

4. Toiletries ukuran travel size. Bawa toiletris sendiri alias perlengkapan mandi sendiri, seperti sabun cair, shampo, pasta gigi, sikat gigi dan facial wash, body lotion, juga handuk kecil. Juga bedak tabur , bedak compact, pelembab , lip balm dan lipstik. Walaupun pada kenyataannya saya males banget dandan pasca persalinan. Boro-boro pake bedak dan lipstik, untuk miring aja masih syusahhhh karena masih nyeri jahitan di perut.., hehhee..

 

Toiletries atau perlengkapan mandi

5. Jilbab bergo. Karena saya berjilbab saya sediakan jilbab bergo, agar saat tamu datang tidak repot-repot jika mau berjilbab.

6. Sandal jepit selama di rumah sakit dan sepatu flat saat pulang dari rumah sakit.

7. Handphone dan charger , bila perlu bawa powerbank juga.

8.  Perlengkapan untuk suami. Celana pendek dan beberapa kaos, handuk, juga underwear serta sendal jepit untuk suami saat menemani nginap di rumah sakit.

9. Berkas-berkas rumah sakit untuk mengurus BPJS. Saat itu saya mendapatkan fasilitas BPJS dari kantor untuk biaya melahirkan. Bawa juga KTP, kartu BPJS Asli dan KK Asli.

10. Pembalut nifas. Walaupun nanti disediakan pihak rumah sakit, tidak ada salahnya kamu bawa juga sendiri. Pembalut nifas merk Softex Maternity atau Dacco Mama Bersalin tersedia di supermarket atau Pembalut malam seperti Laurier Relax Night juga tidak apa-apa. Pengalaman saya waktu itu, nifas saya tidak banyak, tidak sebanyak orang yang lahiran normal karena darah persalinan sudah banyak keluar saat operasi.

Pembalut nifas

11. Siapkan uang cash selain kartu debit atm. Siapa tahu ada keperluan dadakan dan gak sempat ke atm.

12. Pompa ASI dan kantong ASI steril.  Jika kamu memang berniat untuk menyusui saat di rumah sakit sebaiknya bawa pompa asi sendiri beserta wadah penyimpanan ASI ya. Pompa ASI yang pernah saya coba merk Pigeon dan Philips Avent.

pompa ASI manual

13. Nipple cream. Krim untuk mencegah dan mengobati puting lecet saat belajar menyusui bayi newborn. Pilih yang alami dan aman jika tak sengaja tertelan bayi. Nipple cream yang saya pakai Medela Purelan yang mengandung lanolin yang aman jika tertelan bayi.

Nipple cream

14. Hand sanitizer, berguna banget setiap kita mau pegang bayi atau ada tamu yang datang berkunjung dan ingin menggendong si kecil, usahakan kasih hand sanitizer. Saya pakai Dettol Original Hand Sanitizer.

 

Hand sanitizer

 

15. Bantal menyusui , berguna banget untuk menyangga perut agar tak tertekan oleh bayi saat mulai menyusu. Bayi diletakkan di atas bantal menyusui juga membuat tangan kita tidak pegal saat menyangga kepala bayi. Saat menyusu, biasanya perutpun berkontraksi dan berdenyut. Bantal Menyusui yang saya pakai Cuddle Me Foldable Nursing Pillow.

CuddleMe Foldable Nursing Pillow

16. Botol air minum kosong untuk isi ulang air minum yang ada diluar kamar inap.

17. Kaos kaki dan sarung tangan karena pasca operasi, seluruh badan terasa menggigil kedinginan.

18. Minyak kayu putih dan oil-oil aromatherapy. Berguna untuk menghilangkan pusing, menghangatkan dan rileksasi.

Sedangkan, Tas Bayi atau diaper bag berisi :

sumber foto : pexels.com
  1. Baju newborn . Bawa 2-3 pasang baju newborn. Pengalaman kemarin saya belinya kegedean, hahaa, karena si bayi ternyata mungil sekali hanya 2,8 kg dan panjang 49 cm. Jadinya selama di RS dipakaikan baju rumah sakit. Saat pulang saja bayi saya memakai baju yang saya bawa. Baju newborn yang saya pakai merk Libby, Velvet Junior, Carters, Miyo Baby Wear & Fluffy Baby Wear.
Baby jumper

2. Popok bayi sekali pakai untuk newborn. Bawa satu pack saja untuk berjaga-jaga dan pilih yang lembut dan bebas iritasi ya. Kemarin saya pake merk Pampers Premium Care New Baby.

Pampers New Born

3.Peralatan mandi bayi atau baby toiletries, seperti sabun, shampo dan minyak telon ukuran kecil. Beli yang khusus newborn ya karena kulit bayi baru lahir sensitif sekali. Contohnya merk PigeonJohnson Baby atau Cetaphil Baby.

Baby toiletries

4.Selimut bayi lembut agar bayi tak kedinginan selama di rumah sakit. Waktu itu kamar inap rumah sakit tempat saya lahiran AC nya lumayan dingin dan bayi tidur satu ruangan dengan saya, jadinya selimut yang saya bawa berguna agar si kecil lebih hangat. Saya pakai merk Carter’s. Bisa dipakai sebagai bedong juga saat membawa bayi pulang dari RS.

5.Topi bayi , sarung tangan dan kaos kaki bayi. Bawa 2 pasang. Berguna untuk menghangatkan bayi juga.

Lalu, dimana ya mendapatkan perlengkapan ibu dan bayi ya? Kalau saya lebih suka membeli di online shop seperti di Lazada Indonesia dan marketplace Shopee. Selain praktis, juga hemat tenaga dan waktu, karena saat itu saya selalu pulang kerja malam hari dan tidak sempat ke baby shop lagi.

Segitu dulu daftar wajib menjelang lahirannya ya. Kira-kira masih ada yang kurang gak ya atau masih ada yang perlu ditambahkan? Share di kolom komentar ya! Buat ibu-ibu yang bersiap-siap menanti kelahiran sang buah hati tetap semangat, keep healthy dan stay healthy ya agar si buah juga selamat lahir ke dunia.

www.yunitasari.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *