Jadi Dirimu dan Jadi Inspirasi !

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang, tentunya dengan hal-hal yang positif. Seperti saya yang suka banget ikutan event-event seperti seminar dan talkshow , selain nambah pengetahuan, juga biasanya sih sering beruntung borong hadiah dari sponsor.

flayer-femina

Kali ini saya mau berbagi sedikit pengalaman waktu ngikutin seminar  yang diadakan Majalah Femina. Sebenarnya tahu informasi acara ini dari teman kantor dan entah kenapa selalu excited kalo diajakin acara dari Femina. Ini kali kedua ngikutin acara Femina dan selalu seru. Seru bintang tamunya, seru isi materinya, seru juga goodie bagnya, hehe..ya namanya juga wanita. Acara dengan tema Jadi Dirimu+Jadi Inspirasi didakan tanggal 7 November di Hotel JW. Marriot Medan . Pagi-pagi udah nyampek di hotel , dan disana sudah tersedia photobooth berbentuk instagram yang disponsori shampo Emeron . Sebelum acara, foto-foto dulu di photobooth (Ketauan ya hobi foto). Setelah itu kita bisa membeli shampo Emeron  di booth yang tersedia  yang nantinya akan ditukar dengan kupon lucky draw bagi yang beruntung.  Sambil menunggu acara di mulai, kita bisa makan pagi yang sudah disediakan panitia acara.

boot-emeron-yunitasari-com

Lumayan ngaret juga sih acaranya. Katanya mulai pukul 8.00 pagi tapi pada kenyataannya acara dimulai pukul 09.00 WIB. Para peserta melakukan registrasi di meja pendaftaran, mendapatkan kuesioner yang harus diisi, name tag, yang nantinya akan ditukar dengan  goodie bag.

Hari itu saya banyak mendapat pengetahuan dari Ratih Ibrahim, seorang psikolog klinis yang energik dan simpatik.  Beliau menuturkan berbagai peran yang harus dijalani setiap wanita , sebagai istri, ibu, wanita bekerja, untuk komunitas dan juga bagi bangsanya, semuanya  tergantung kepada diri kita. Siapkah kita akan perubahan? Siapkah kita menerima segala peran itu dengan kekuatan (baca : power) kita dan kepercayaan diri? Bagaimana kita memunculkan personal branding ? Hal yang sering terlupa adalah impression.Impression merupakan bahwa kesan yang kita timbulkan bagi orang lain ketika melihat diri kita. Bisa saja orang salah menilai kita, namun poin penting adalahnya bagaimana kita memunculkan kesan baik dan hangat sehingga orang akan dengan senang hati mengenal karakter kita lebih jauh.  Bahwa ungkapan Don’t judge a book by a cover, adalah ungkapan kuno yang sudah tak sesuai.  Seseorang akan dinilai lebih baik jika memiliki beauty dan inner beauty yang berimbang. Tak terkecuali kesehatan. Wanita terkadang melupakan bahwa kecantikan bersumber pada kesehatan fisik yang prima. Tidak dapat dipungkiri kecantikan fisik itu penting, dan didukung oleh kecerdasan otak serta kemampuan berkomunikasi yang baik, siapa yang akan menolak mendekati wanita seperti itu?

Sebelum memulai seminarnya, Ratih mengajak para peserta untuk mengikuti games Truth or Dare dengan mengisi post it berwarna hijau dan pink.  Di bagian Truth kita harus mengisi : apa ketakutan terbesar dalam hidupmu saat ini? Sedangkan di bagin Dare, diisi dengan apa mimpi-mimpi atau potensi tersembunyi yang ada dalam diri kamu yang ingin diwujudkan segera? Setelah selesai mengisi post it, seluruh  peserta disuruh menempelkan post it tersebut ke sebuah whiteboard kecil.  Dan setelah dilihat secara keseluruhan, ternyata wanita itu takut akan hal-hal kecil yang kadang menggelikan, seperti takut tua, takut tidak terlihat cantik, takut gemuk, takut tidak disayang suami, jerawat, dll.  Maka , Ratih Ibrahim membagi pengalaman masa mudanya dulu yang jauh berbeda dengan penampilannya saat ini. Lucu, menghibur, dan menginspirasi!

Acara lainnya sih, ada pengenalan produk Shampo Emeron dari pihak sponsor dan juga ada hair make over oleh hair technical consultant, Alex Rachmansyah. Di akhir acara Ratih Ibrahim memilih tiga action plan terbaik yang di buat peserta. Beliau ingin action plan yang benar-benar bisa dilaksanakan. Bukan sekedar wacana. Salah satu action plan terbaik misalnya ,” Aku ingin mulai yoga lagi dan kembali berinvestasi di reksadana yang sempat terhenti.” Dan yang gak saya sangka, action plan yang saya buat termasuk yang terbaik. Action Plan yang saya buat adalah: Lebih menjaga kesehatan dengan berolahraga dan makan makanan yang sehat. Mulai merawat diri secara fisik dengan lebih baik serta berfikir positif.  Ulala, saya dipanggil ke panggung bersama 2 peserta lain dan mendapat bingkisan dari Emeron.  Setelah itu acara ditutup dengan makan siang dan pengambilan godie bag. Lagi-lagi borong hadiah ya.. Dapet shampo, travel hair dryer dan majalah Femina terbaru!

Pulang-pulang dari acara saya merasa lebih fresh dan positif thinking ! Tersugesti sang psikolog mungkin ya…Bahwa setiap wanita tuh berharga , dan jangan sampai pernah berpikir kita ini tidak ada apa-apanya dan tidak berguna.  It’s stupid think if you do it! So, jadilah dirimu dan jadilah inspirasi bagi orang banyak!