Jumpa Pakar Breastfeeding 911 Di Medan : Sukses Memberi ASI dalam Berbagai Kondisi

Sabtu, tanggal 24 Februari 2018, saya dan suami mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seminar tentang menyusui dalam acara Jumpa Pakar Breastfeeding 911 di Medan dengan tema Sukses Memberi ASI dalam Berbagai Kondisi. Acara ini merupakan event dari majalah Ayah Bunda yang sudah sukses terselenggara di banyak kota di Indonesia. Kali ini giliran kota Medan yang berlangsung di Ballroom 1&2 Hotel Santika Premiere Dyandra Medan mulai pukul 09.30-13.00.

Informasi mengenai kegiatan ini saya peroleh dari IG AyahBunda. Dari keisengan saya menjawab kuis, saya memenangkan 2 tiket gratis untuk mengikuti seminar. Wah, senangnya! Saya paling suka mengikuti event-event seminar seperti ini, selain bisa update ilmu parenting, ketemu para pakar yang biasanya cuma bisa dilihat di sosmed, ketemu banyak orang-orang baru, dan suasana baru pula.

Dengan pertimbangan ini adalah acara parenting, dan panitia juga membolehkan untuk membawa bayi ke ruangan , maka saya dan suami mengajak Shadiq yang genap 5 bulan untuk ikut bersama kami. Shadiq memang hobi jalan-jalan, dia anteng saja dibawa ke tempat-tempat asing dan banyak orang. Gak pernah rewel dan ketakutan bertemu orang baru, yang penting dia puas menyusu sebelum berangkat dan selama acara, jika haus segera saya susui di ruang laktasi yang disediakan panitia.Kami bergantian menggendong, jika bobo kami tidurkan di stroller. Dia happy- happy saja dibawa berkeliling di sekitar acara dan berfoto.

Kami datang cukup pagi tapi ternyata sudah ramai oleh peserta yang kebanyakan ibu-ibu bawa anak di stroller masing-masing. Setelah melakukan registrasi dengan menunjukkan KTP saja, maka kami mendapatkan kuesioner yang harus diisi, tiket masuk yang nanti ditukarkan untuk snack, makan siang, goodie bag, serta hadiah dari majalah Ayah Bunda karena saya termasuk 50 peserta yang datang sebelum pukul 09.30 WIB

Karena acara belum dimulai, kami pun minum teh, kopi dan snack yang tersedia di area acara, lalu kami pun berkeliling di area seminar untuk melihat booth Pigeon yang merupakan sponsor acara. Banyak produk-produk pigeon tersedia disini dengan diskon 20%, juga mendapatkan souvenir dengan minimal belanja Rp 75.000. Uuhhh, kalap pengen beli semuanya, sayangnya gak tersedia mesin edc dan kami tak membawa uang tunai banyak disaku. Cari atm ternyata BCA terdekat tak ada, padahal paksu udah nawarin beliin feeding set Pigeon😂. Saya hanya sempat membeli breastpad pigeon honeycomb ukuran 12 pieces karena tiba-tiba ASI saya banjir setelah menyusui Shadiq😅. Breaspadnya tipis dan cepat menyerap, dan syukurnya baju saya cepat kering kembali.

Acara seminar Jumpa Pakar Breastfeeding ini di gawangi oleh dua pakar yaitu dr. Tiwi dan dr. Luh yang menjelaskan manfaat ASI, kendala-kendala dalam pemberian ASI serta solusinya, serta membahas tumbuh kembang anak agar tumbuh  optimal. Sebenarnya informasi yang disampaikan tidak terlalu baru buat kami, tapi banyak poin-poin penting yang kami catat seperti menyusui langsung adalah yang terbaik, pumping dan exclusive pumping memang mampu memenuhi nutrsi bayi namun untuk bonding antara ibu dan anak kurang dapet.

Menyusui dengan hati yang bahagia itu penting, karena bayi dapat merasakannya, bahkan jika kita stres, kesal dan marah. Musik pertama bagi bayi adalah detak jantung ibunya, dan menyusui adalah saat yang membahagiakan bagi anak karena bisa dekat dengan ibunya dan merasakan detak jantung ibunya.

Tahapan menyusui juga ternyata banyak dan position is very important, yup pelekatan (attachment) harus pas.

Mengenai memberi ASI lewat botol, memang lebih baik dihindari agar si bayi tidak bingung puting, namun dr. Tiwi menjelaskan bahwa dalam dunia medis, tidak ada yang bener-bener boleh dan tidak boleh, semua dilakukan berdasarkan indikasi medis. Jika si ibu memberi ASI lewat botol, maka usahakan untuk tidak memberi bayi botol dot saat usia kurang dari 6 minggu, karena bayi akan lebih memilih botol nantinya daripada payudara ibu. Menyusui dalam keadaan sakit tidak menghalangi si ibu menyusui kecuali dua hal : ibu melakukan kemoterapi dan ibu positif HIV/AIDS.

Sekitar pukul 12.30 WIB acara selesai, ditutup dengan berfoto bersama seluruh peserta. Oya, saya sempat mendapat hadiah karena postingan saya di IG mengenai kegiatan ini terpilih oleh panitia acara. Wah, senangnya, borong-borong hadiah deh. Isinya seperangkat bento box dari Oxone dan korset habis melahirkan. Terus isi goodie bag nya apa? Paket produk Pigeon, majalah Ayah Bunda, buku tentang persalinan, buku resep dari penerbit Primarasa, sertifikat Jumpa Pakar Breastfeeding 911, serta voucher Mom and Jo. Emak-emak girang nih soalnya hemat pengeluaran beli peralatan mandi bayi, hehee. Semoga bakal ada event majalah Ayah Bunda yang lebih seru lagi ya. Bakalan ikut lagi nih😁. Good job majalah Ayah Bunda! See you next time!

 

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *