My New Year’s Resolution in 2017

YunitaSari.Com – Ada hal yang gak saya lewatkan setiap melewati momen tahun baru, apalagi kalau bukan membuat resolusi. Yupz, saya selalu membuat sederet resolusi di awal tahun di catatan saya, dan berusaha mewujudkannya dalam jangka setahun kedepan. Bagi saya menulis resolusi untuk diri saya sendiri penting, karena menjadi self reminder bagi saya untuk menjadi lebih baik di masa depan, membuat kita lebih termotivasi  mewujudkan cita-cita dan harapan yang belum terwujud dan membantu kita menentukan prioritas dalam hidup.

Buat sebagian orang  mungkin merasa gak ada gunanya nulis resolusi, toh nanti gak akan dilaksanakan. Nah  itu dia, jika ingin terwujud ya kita harus take action. Gak cuma ditulis selembar kertas aja. Dari pengalaman saya, saya percaya sekali apa yang kita tulis, kita baca, dan kita kuatkan lewat doa, maka alam bawah sadar kita akan tergerak untuk membantu kita mewujudkan dan tentunya semua pun atas kehendak-Nya. Bahkan resolusi saya untuk menikah di akhir tahun 2015 pun berkat resolusi yang saya buat di awal Januari 2015. Saya pun baru menyadari pernah menulis resolusi di urutan teratas mengenai jodoh ketika membuka kembali catatan saya setelah menikah di Desember 2015. Saya masih ingat resolusi teratas yang saya tulis ketika itu : “Saya ingin menikah di akhir tahun 2015 dengan orang yang mencintai saya karena-Mu.” Sejenak saya terdiam dalam keheningan dan teringat akan sebait ayat “Berdoalah kepadaKu, niscaya akan Kuperkenankan bagimu (Q.S Al-Mukmin 60).”

Resolusi di tahun 2017 yang ingin saya wujudkan adalah :

Start eating healthier food,  Resolusi tentang kesehatan selalu menjadi prioritas bagi saya. Hal-hal sederhana untuk menjaga kesehatan adalah konsumsi air putih rutin, minum air hangat campur lemon setiap pagi, makan buah rutin, konsumsi sari kurma, minum susu rutin setiap mau tidur, mengurangi makan fast food sedikitnya sebulan sekali, makan sayuran hijau dan yang paling penting gak malas makan lagi, hehehe…

Read more books.  Pengennya sih dalam setahun pengen membaca sebanyak 50 buku. Dan tahun  ini ingin lebih banyak membaca buku tentang financial planning dan peluang bisnis, juga novel-novel terjemahan karya penulis termasyur. Tapi paling kemarin hanya bisa 15 buku. Sedikit ya? Mudah-mudan tahun ini bisa terwujud.

Learn to cook, Tahun ini saya ingin belajar memasak lebih baik lagi dan mencoba resep-resep baru dan rutin memposting di blog.

Start saving money,  Saya terinspirasi dari blognya Andara Alodita (www.alodita.com) tentang financial planing. Mengenai tabungan darurat minimal selama 6 bulan dan mengenai pos-pos tabungan yang harus diisi. Sementara ini saya baru mampu membuat dua pos tabungan yaitu pos dana darurat dan pos tabungan jangka pendek. Saya membuat dua rekening tabungan yang berbeda, satu konvensional dan satu lagi tabungan syariah. Sebenarnya ini tabungan bersama dengan suami juga. Jadi setiap ada kelebihan pemasukan, maka saya alokasikan ke pos-pos ini, gak langsung gatel pengan belanja olshop. hahhaa… Semoga untuk selanjutnya saya bisa menambah pos tabungan untuk jangka panjang dan tabungan emas. Amin.

Get out of debt, Kayaknya setiap orang hampir pernah mengalami masalah dengan hutang, apalagi hutang kartu kredit. Saya pun begitu. Belajar dari tahun-tahun lalu, saya akan lebih bijak menggunakan kartu kredit dan di tahun ini saya merencanakan melunaskan seluruh cicilan kartu kredit dan menutupnya. Kalaupun ingin menggunakan kartu kredit, gunakan untuk kredit usaha bukan kredit konsumtif.

Travel more and see the new places,  Saya butuh liburan. Sangat butuh liburan untuk rileks dan menghilangkan segala kejenuhan rutinitas pekerjaan. Dan tahun ini saya ingin liburan bersama suami saya. Hitung-hitung honeymoon lagi, hehehe

Become more organized and tidier , Ingin lebih rapi dan terorganisir, terutama merapikan rumah. Saya sejujurnya bukan tipe orang yang hobi beberes rumah. Saya juga gak hobi nyapu dan ngepel karena punya alergi debu. Tapi tahun ini saya ingin lebih rapi dan rajin membersihkan rumah.

Give more to charity, ternyata saya baru tahu kalau perencanaan keuangan yang paling utama adalah menyisihkan pendapatan kita untuk sedekah adalah hal teratas dibanding kebutuhan yang lain. Menyisihkan uang untuk sedekah dilakukan diawal bulan ketika gajian, bukan sebaliknya saat ada sisa uang baru bersedekah. Kalau kita tidak punya waktu untuk bersedekah, sekarang sudah banyak lembaga-lembaga terpercaya yang akan menyalurkan sedekah/zakat/infaq kita ke orang-orang yang membutuhkan. Tinggal transfer via atm atau e-banking maka sedekahpun sampai.  Jangan lupa 2,5% gaji kita adalah hak orang lain. Semoga saya bisa konsisten dengan hal ini. Amin.

Learn something new, Inginnya di tahun ini saya bisa mempelajari hal-hal yang baru. Belajar tidak punya batasan usia bukan? Beberapa hal yang ingin saya pelajari di tahun ini adalah yoga dan hypnobeauty.

Start to writing journal/blog , Saya ingin rutin menulis di blog , inginnya setiap hari satu artikel. Kenapa saya menulis blog? Saya ingin sharing dengan banyak orang tentang pengetahuan yang saya punya, dan saya ingin mendokumentasikan setiap momen penting dalam hidup saya ke dalam sebuah tulisan sehingga saat punya anak dan ia dewasa, ia bisa membaca catatan perjalanan ibunya lewat blog.

Spend more time with my lovely hubby. Inginnya di tahun ini hubungan saya dengan suami akan lebih baik dan romantis (Kode keras supaya suami belajar romantis) hahaha..  Membangun komunikasi suami istri lebih baik lagi, meluangkan waktu untuk saling cerita, saling sayang dan empati. Menumbuhkan cinta dari hari kehari agar semakin besar dan besar… Dan sebagai pasangan yang baru setahun menikah harus lebih bisa mengontrol emosi.

More grateful and learn to be happier in my life, Ini yang terpenting sebenarnya : Bersyukur. Terkadang kita lupa bersyukur akan semua yang Tuhan berikan. Banyak-banyak bersyukur dan berbahagia akan hal-hal kecil namun berarti yang kita dapatkan. Kesehatan, waktu luang, cinta, dan nafas kehidupan adalah hal-hal bukan bersifat materi namun sungguh tak ternilai harganya.

Masih banyak lagi sepertinya resolusi saya, namun intinya segala hal takkan berarti tanpa take action. Kalau kamu, apa resolusimu di tahun ini?

Tulisan ini diikutkan dalam Hidayah-Art First Giveaway “Resolusi Tahun 2017 Yang Paling Ingin Saya Wujudkan”

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *