Persiapan MPASI Shadiq Part 2 : Beli Perlengkapan MPASI

Gak terasa ya akhir bulan nanti Shadiq sudah 6 bulan dan mulai MPASI. Bundanya udah gak sabar sekaligus deg degan menyambut MPASI si gembil, kenapa? takut kalo si kecil bakal nolak menu yang kita siapin, juga takut salah pemberian menu, bisa menimbulkan sembelit atau alergi, dll. Bagi kebanyakan ibu-ibu baru seperti saya, momen MPASI adalah momen yang sangat berharga jika sampai terlewatkan, karena MPASI yang tepat adalah salah satu standar emas yang ditetapkan WHO untuk tumbuh kembang anak yang optimal. Keterlambatan atau terlalu dini memberikan MPASI sama-sama beresiko lho. Nah, karena itu persiapan MPASI  itu penting. Jauh-jauh hari saya udah buat list perlengkapan MPASI Shadiq dan mulai nyicil belinya😁.

Perlengkapan MPASI yang harus dibeli :

1. Slow cooker

Kalau gak mau repot untuk masak di atas kompor, solusinya ya slow cooker. Tinggal masukin bahan, atur tombol waktu untuk masak, dan ditinggal aja sampai masak sendiri. Selain itu metode pemasakan slow cooker yang menggunakan suhu rendah dapat menjaga nutrisi makanan lebih baik daripada dimasak di kompor atau direbus. Slow cooker yang saya pake merk Baby Safe ukuran 0,8 liter. Bisa untuk steam, bikin bubur, sup, nasi tim, atau bikin kaldu ayam/sapi disini juga. Harganya 200ribuan.

2. Blender+kukusan

Blender untuk MPASI jangan disamain dengan blender cabe ya pliss, hehe. Dengan alasan praktis pula, saya beli blender plus kukusan, supaya gak repot kalo mau bikin puree buah. Saya pake merk Baby Safe Steam and Blend, setelah dikukus bisa langsung di blender tanpa perlu repot pindahin wadahnya. Ukuran juga mungil, gampang dibawa-bawa untuk travelling. Harganya beli di toko bayi Rp 570.000.

 

3. Peralatan makan bayi

Saya kemarin beli feeding set merk Pigeon ukuran kecil terdiri dari piring, mangkuk dan dua buah sendok. Sebenarnya pengen beli merk Baby Safe juga tapi lagi habis kata mbak SPGnya. Jangan lupa pilih yang BPA free dan sudah terpercaya. Pengennya sih beli yang warna warni biar si kecil semangat makan. Kayaknya bakal nambah lagi koleksi untuk peralatan makan nih, hehe

4. Gelas/ cangkir minum bayi

Bayi yang baru MPASI perlu belajar minum dari cangkir, bukan dot ya, makanya saya coba beli cangkir minum Baby Safe Spout Cup untuk bayi 6 bulan. Spoutnya lembut sekalian bayi belajar minum air putih sendiri. Warnanya lucu dan pasti BPA free. Harganya Rp 45.000.

5. Slabber

Namanya juga baru belajar makan, jadi wajar kalo makannya belepotan. Supaya gak ngotorin baju si bayik, perlu beli slabber beberapa buah. Saya punya merk Carters. Gak beli tapi dikasih hadiah aqiqahan, hehee.


6. Booster Seat/High Chair

Ini adalah perlengkapan MPASI yang pertama kali saya beli. Pengennya sih Shadiq makan dengan rapi di kursi makan,  gak sambil digendong ke sana kemari, apalagi nanti kalo udah jalan dan lari-lari, gak banget kan nyuapin sambil ikutan lari juga😅. Duduk di kursi bayi juga melatih bayi makan dengan disiplin dan fokus dengan makanannya.Saya kemarin beli booster seat dengan pertimbangan ringan, gampang dibawa travelling, bisa dilipat, dan bisa nyuapin sambil lesehan, hehe. Saya kemarin beli merk Baby Does. Harganya sekitar 400 ribu. Ntar kalo memang perlunya high chair, bakal beli lagi mungkin.

7. Botol sendok

Gunanya supaya bisa menyuapi jus buah dengan lebih mudah. Tinggal pencet aja dan jus nya akan turun ke sendok. Bisa juga sih untuk nyuapin bubur saring. Saya beli merk Baby Safe. Harganya Rp. 35.000.

8. Baby Food Container

Baby food container berguna untuk menyimpan MPASI jika ingin di dinginkan di kulkas atau dibekukan di freezer. Saya rencananya bakal buat menu MPASI untuk siang dan sore di pagi hari setelah makan pagi (puree buah rencananya untuk makan pagi, sedangkan makan siang/sore bubur serealia/sayuran) untuk dimasukkan ke baby food container ini. Kalau di kulkas, bubur atau puree akan tahan 2 hari. Jadi tinggal di hangatin aja . Jaga-jaga aja siapin makanan yang lebih, dan antisipasi juga agar tidak keteteran juga, kalo gak sempat masak MPASI untuk siang dan sorenya saat itu juga karena Shadiq suka marah kalo ditinggal bobok siang atau main , harus sama Bundanya. Oya, saya beli baby food container merk I.Q Baby, bentuknya imut kapasitas 150 ml, BPA free, bisa disteril, dan harganya terjangkau. Satu kotak isi 3 buah container dengan harga Rp 56.000.

Buat sementara kayaknya itu dulu deh, rencana sih mau beli panci dan frying pan kecil buat masak di kompor, juga baby food maker manual, jaga jaga aja kalo tiba-tiba listrik mati, kan gak bisa tuh pake slowcooker atau blender. Ntar kalo ada, bakal saya update ya perlengkapan MPASi Shadiq ya. Hhmm, banyak ya? Repot?Sedikit sih tapi gakpapa yang penting si bayi sehat dan pertumbuhannya optimal. Saya sudah niatin dari awal untuk bikin MPASI homemade untuk Shadiq, saya berharap dia bisa menerapkan pola makan sehat sejak dini sehingga kelak saat dewasa dia pun akan memilih makanan sehat meskipun tidak bersama orangtuanya. Jujur, bundanya bisa patah hati kalau misalnya berat Shadiq sampai turun soalnya udah biasa lihat dia montok, padet berisi karena full ASI😁.

Untuk coba bubur bayi instan, saat ini gak dulu deh ya. Gak tau juga ntar kalo sudah 7 bulan ke atas mungkin, dengan pertimbangan produk harus gluten free dan kalo bisa organik dan itupun dalam keadaan darurat atau sesekali lah ya.  Memang ada makanan instan yang gluten free dan organik? Ya, dicari , kalo gak nemu bikin homemade aja. Selamat menyambut MPASI ya ibu-ibu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *