Resolusi Hidup Sehat di 2020

Masih cerita soal resolusi 2020. Semoga kamu gak bosen ya, hehe. Tapi kalo yang ini lebih fokus soal kesehatan. Kenapa? Ya, tahun baru berarti usia juga makin nambah donk, alias tambah tua. Yup, menjelang usia yg belum genap 31 tahun ini, banyak banget yang berubah terutama soal fisik, itu gak bisa dibohongin ya. Saya udah mulai merasa kulit makin kering, terutama di bagian kaki. Ga tahu kenapa, saking keringnya suka merasa gatal-gatal, dan pernah sampai luka loh karena saya garuk terus. Padahal dulu pas masih remaja, kaki tuh gak pernah sampai gatal dan luka, kalau kering memang udah bawaannya kulit tubuh tipenya kering, makanya sekarang wajib banget pake body lotion untuk kulit super kering. Lumayan habis mandi bisa agak lembab. Pake lotion apa? Pake apa aja, suka ganti-ganti, kadang Nivea, Vaseline, sempat pake viva skin food juga buat kaki, dll. Kalau wajah, dulu habis lahiran sempat kering banget, gak terawat dan kusam, gak berani pake krim perawatan apa-apa sejak hamil karena takut masih menyusui. Sekarang karena frekuensi menyusui sudah berkurang dan sedang dalam proses menyapih, jadi udah mulai berani cari-cari info krim anti aging. Tapi ya itu tetap males banget pake krim wajah terutama krim malamnya. Kalau udah malam suka kecapekan seharian urus anak, ya udah bablas aja tidur, plingan cuci muka dan sikat gigi aja.

Nah, di tahun 2020 ini saya punya beberapa resolusi kesehatan yang pengen saya jalanin. Sebenarnya ini hal-hal yang sederhana saja sih, seperti:

1. Tidak mengkonsumsi mie instan

Saya terbilang udah jarang banget konsumsi mie instan dan bertekad untuk stop. Palingan kalau udah kepengen banget baru deh bikin, itupun ditambah telur dam sayuran. Jadi sebagai pengganti me instan, saya stok mie telur atau bihun. Ini ngaruh loh , karena kepala saya suka pusing kalo keseringan makan mie instan.

2. Gunakan kaldu non msg

Saya setiap masak  selalu pakai kaldu non msg sebagai penyedap. Makanan tetap enak meski tanpa penyedap meskipun harganya jauh lebih mahal daripada penyedap msg gakpapa lah yang penting sehat.

3. Gak minum kopi dan teh

Sejak booming tentang ramuan JSR yang dipopulerkan dr. Zaidul Akbar, saya jadi takut-takut konsumsi teh dan kopi. Apalagi tehnya pake gula putih, duh lebih baik ga usah deh, mending teh pahit aja atau ganti madu. Kalau kopi dulu suka minum sachetan, tapi sekarang udah gak minum lagi. Gak tertarik nyobain kopi-kopi kekinian yang dijual di gerai-gerai supermarket atu mall? Ada sih niatan pengen minum tapi ya gak terlalu pengen juga.  Syukurnya saya bukan pecandu kopi.

4.  Rutin minum ramuan JSR

Ini bukan sekedar tren aja sih, tapi di saya memang berasa. Saya gak minum infused waternya tapi ya bikin ramuan yang hangat seperti ramuan ultimate dan ramuan kunyit asam. Wah, badan terasa enakan, apalagi kunyit asam, haid saya jadi lebih lancar, selain itu bisa untuk memgobati keputihan dan untuk promil. Jadi sekarang suka nyetok kunyit, jahe, serai, kayu mnis dan rempah lainnya di dapur.

5.  Minum madu dan zaitun

Yup, di tahun ini mau diniatin untuk rutin konsumsi madu murni dan zaitun. Moga saya bisa konsisten ya.

6. Pake krim anti aging teratur

Ini yg paling berat sebenarnya. Karena suka males banget dan ga rutin padahal garis-garis halus udah makin kelihatan ya kan, juga bekas jerawat dan kulit yang gak merata.

7. Kurangin fastfood

Bye bye pizza, kaepci, dan temen-temennya. Berusaha nahan diri bnget konsumsi fast food karena takut banget penuaan dini dan hormon jadi berantakan. Kalau dah kepengen bangey, sekali aja tiap bulan, tapi kalo bisa ya ga usah, makan masakan rumahan aja lebih sehat.

8. Tidur berkualitas

Tidur gak mesti lama tapi berkualitas. Pas bngun tidur itu badan enak dan nyenyak tidurnya tapi kalo bangun badan udah pegel-pegel dan pusing, wah harus waspada.Mesti introspeksi diri deh mungkin kurang jga kesehatan ya. Tidur cukup dan teratur itu penting banget untuk kesehatan kulit. Saya sih kadang suka bablas aja main hape sampe malem jadinya tau-tau udah gak bisa tidur lagi deh. Kebiasaan tidur dekat hape ini harus dihilangin.

9. Banyak minum air putih

Ini udah wajib ya, ga usah di jelaskan lagi.

10. Kurangin konsumsi dairy product

Wah, ini tantangan berat banget karena saya pencinta dairy product seperti susu, es krim , keju dan yogurt. Hiks…trnyta konsumsi dairy product berlebihan juga gak baik ya, cuma enak di lidah aja. Pernah baca konsumsi dairy product saat haid malah memicu nyeri ya. Benarkah?

Itu aja dulu deh resolusi kesehatannya. Yang penting istiqomah dulu. Kalau kamu resolusi kesehatan di tahun 2020 apa? Yuk, share disini!