The Miracles of Salt

Sudah dua hari gak nulis blog, karena sakit. Rasanya rindu  banget mau nge-blog. Namun , sakit ini memberikan banyak hikmah buat saya sepertinya. Jadi lebih sabar dan kuat menjalaninya karena saat sakit kemarin suami sedang di luar kota.

“Tidaklah sakit seorang mukmin, laki-laki dan perempuan, dan tidaklah pula dengan seorang muslim, laki-laki dan perempuan, melainkan Allah Swt menggugurkan kesalahan-kesalahannya dengan hal itu, sebagaimana bergugurannya dedaunan dari pohon.” (HR. Ahmad, 3/346).

Hikmahnya lagi jadi terinspirasi nulis tentang garam. Yups, garam adalah bumbu dapur sehari-hari yang selalu menemani di kala memasak. Namun ternyata banyak sekali manfaat garam selain menjadi bumbu dapur, juga baik sekali untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut manfaat garam yang mungkin belum kamu ketahui:

  • Obat kumur

Bagi kamu yang sedang sakit gigi dan di rumah sedang tidak ada mouthwash, bisa menggunakan garam sebagai obat kumur. Larutkan garam ke dalam segelas air hangat lalu berkumurlah lah. Untuk meringankan gusi bengkak, juga dapat menjadi alternatif obat yang murah meriah. Berkumur dengan air garam dapat membunuh bakteri di sela-sela gigi.

  • Mengobati kaki pegal

Kaki saya termasuk sering pegal-pegal, padahal gak rutin juga pake heels. Pengaruh usia kali ya, hehehe.. Salah satu alternatif pengobatan adalah dengan merendam kaki dengan air hangat yang dicampur garam.

  • Mengobati dehidrasi

Dehidrasi terjadi saat tubuh kekurangan cairan. Hal ini mnyebabkan kita jadi kurang bertenaga dan lemas. Untuk mengobati dehidrasi, minum segelas air hangat ditambah 1 sendok teh garam agar cairan tubuh yang hilang dapat dipulihkan.

  • Menyuburkan tanaman

Air garam juga bisa menyuburkan dan mempercepat pertumbuhan tanaman loh. Caranya mudah, hanya dengan menambahkan garam di dalam air yang akan digunakan untuk menyiram tanaman.

  • Membunuh kuman dan bakteri dalam tubuh

Air garam juga berguna untuk kesehatan yaitu membunuh kuman dan bakteri di seluruh tubuh Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok garam ke dalam bak mandi dan mandilah secara rutin.

  • Pengganti pasta gigi

Jika kamu sedang kehabian pasta gigi dan tidak sempat ke minimarket, kamu bisa membuat pasta gigi sendiri dengan garam. Caranya adalah mencampurkan garam dan baking soda dengan sedikit air sehingga membentuk pasta. Pasta garam ini efektif membersihkan gigi dan rongga mulut serta membantu memperkuat gigi.

  • Sebagai detoks wajah

Kita juga bisa melakukan detoks wajah dengan air garam. Caranya adalah campurkan garam sebanyak 2 sampai 3 sendok makan kedalam air hangat kuku dan aduk sampai larut. Lalu basuh wajah dan diamkan selam 10 menit. Wajah kan terasa lebih segar dan bebas jerawat. Lakukan setiap 2 hari sekali.

Selain itu, garam juga berfungsi membersihkan alat-alat masak yang sudah berkerak dan berminyak, juga perlatan rumah tangga seperti setrika , silahkan check video yang saya download dari youtube ( 5.min.craft)  ini ya….

Semoga tips sederhana ini berguna ya! Happy working all!

 

 

 

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save