Tips Aman dan Nyaman Belanja Online

belanja-online-aman

Jaman sekarang beli apapun bisa online, mau pesan makanan online, beli baju apalagi. Belanja online itu memang praktis, tinggal klik, transfer uang, beres. Hemat waktu dan tenaga, dan sebenarnya bisa hemat uang juga, asalkan kamu pinter aja belanja di online shop yang terjangkau dengan kualitas yang oke dan pinter-pinter juga menyiasati ongkos kirimnya biar ga terasa mahal. Sejak mulai bekerja dan lebih sering pulang malem, otomatis ga punya banyak waktu untuk belanja baju dan keperluan lainnya, saya jadi lebih sering belanja online. Bayarnya sih lebih sering pake e-banking, biar sekalian praktis aja, gak perlu ke atm.

Sejujurnya saya bukan tipe wanita yang hobi cuci mata di mall, keliling-keliling dari satu toko ke toko lain itu buat saya melelahkan, apalagi kalau barang yang dicari gak ketemu. Bukannya refresh otak malah kaki bengkak karena pegel-pegel, hehehe, makanya pilihan melalui olshop sangat membantu. Saya tinggal pilih, misalnya mau beli tas, tinggal disortir aja, mulai dari jenis tas, apakah itu tote bag, hand bag, satchel bag, dll, lalu sortir warna, dan pilihan harga sesuai budget, tinggal pilih deh sesuai sortiran. Gak perlu makan waktu buat nyari tas yang sesuai budget.

Kalo kamu masih takut-takut belanja online , karena takut ditipu misalnya, ya gimanapun juga resiko belanja online ya begitu, makanya kita harus jadi smart buyer  supaya gak kecewa dengan yang kita beli via online.  Dari pengalaman saya selama ini belum pernah ditipu, barangnya selalu dikirim, namun kecewa dengan kualitas barang sih pernah, tapi tetap aja gak kapok ya, hehe.. Biasanya kalau ada olshop yang bikin kecewa, langsung saya blacklist, diblock dari social media aja dan gak bakal mau belanja lagi.

Beberapa tips dari saya bagi yang masih takut belanja online:

  1. Pilih olshop yang bergaransi

Kamu bisa pilih olshop yang memberikan garansi jika barang tidak sesuai dengan yang dipesan, misalnya ada cacat, ukuran tidak pas, atau bahkan ada olshop yang ga perlu alasan apapun buat ngembaliin barang, kalau gak cocok ya tinggal isi form pengembalain barang, tinggal ceklis alasan atau isi aja alasan tersendiri jika tidak ada dalam pilihan pengembalian. Garansi bisa berupa penggantian barang yang sama dengan ukuran yang kita inginkan ,atau uang kita dikembalikan via transfer. Ada memangnya? Ada kok, Cuma dengan syarat barang belum pernah dipakai dan label serta kotak masih utuh ya.

  1. Pilih olshop yang bisa klaim ongkos kirim

“Terus ongkos kirim gimana? Rugi dong kalau kita ngembalikan barang dengan uang kita.” Pasti ada yang bilang begitu. Tenang aja, ada kok olshop yang bahkan mau mengembalikan ongkos kirim kita, dengan syarat bukti pengiriman barang dan biaya pengiriman kita dicapture ke email customer service dari olshop tersebut. Maka ongkos kirim kita akan dikembalikan ke rekening kita. Jika memakai kartu kredit juga bisa dikembalikan.

  1. Pilih olshop yang respon cepat

Kamu pernah gak belanja online tapi responnya lamaaa..banget, bisa jadi balasnya dua hari kemudian. Buat saya itu sih belum olshop beneran, tapi masih setengah olshop. Karena yang namanya belanja online tidak perlu nunggu lama-lama, tinggal masukin barang di keranjang di akun kita, otomatis stocknya terlihat apakah tersedia atau tidak dan langsung harganya terkalkulasi beserta ongkos kirim. Namanya online shop beneran, mau hari minggu, libur segala macam, kalau mau pesan ya tinggal klik aja, pesanan tetap terhandle, tidak harus nunggu admin nge-chat satu per satu. “ Coba chat ulang sis, hp kita error, pesanan terhapus.” “Sis, saya cek dulu stok barangnya ya sis.” Ketauan banget kan barangnya gak ada di dia, kemungkinan dia hanya dropshipper dan barangnya gak ready stock.  Biasanya yang jualan seperti itu kebanyakan via bbm, instagram atau line. Ya gakpapa sih, kalau mau belanja dari instagram atau bbm, tapi kalau buat saya pilihan belanja online yang fast respon hanyalah yang sudah memiliki website resmi dan profesional.

  1. Jangan terlalu tergiur dengan harga murah

Buat saya harga yang terlalu murah dengan gambar di katalog yang terlihat wah, kita harus tetap waspada. Bisa jadi itu bukan real picture, hanya mengambil gambar dari yang asli, bisa jadi kualitasnya beda. Kalau kamu pernah lihat ada olshop yang menjual harga baju-baju import dengan sangat murah, bisa jadi yang dia jual adalah replikanya yang dibuat sama persis namun kualitas bahan bukan nomer satu atau bisa jadi juga karena dia memang supplier tangan pertama. Kalau dari website sih, saya lebih yakin kualitas bahannya. Buat saya lebih baik belanja produk lokal brand tapi kualitas eksport daripada international brand tapi kw-an, hehehe. Barang lokal gak kalah bagus kok kualitasnya.

Terus olshop yang memenuhi kriteria diatas apa ya? Selama ini sih beberapa olshop yang saya percaya salah satunya Berrybenka, Hijabenka, dan Zalora. Mereka bergaransi dan terpercaya soal kualitas. Banyak promo menarik dan ada ongkos kirim gratis untuk minimum pembelian. Ada juga sih VIP Plaza, produknya bagus, tapi ongkos kirimnya lumyan mahal dan saya tidak tahu apakah ongkos kirim bisa dikembalikan jika retur barang. Selama ini saya belanja gak pernah diretur karena barangnya selalu bagus.  Bagaimana tipsnya? Semoga membantu ya. Happy online shopping!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *