Sejarah Popmama Parenting Academy (POPAC) 2021 Bagi Keluarga Milenial Indonesia

Kita semua sepakat bahwa profesi di dunia ini ada jalur pendidikannya baik secara formal dan non formal, seperti dokter, pengacara, brocasting dan lain sebagainya. Namun ada sebuah profesi di dunia ini yang tidak ada pendidikannya, padahal ini menjadi fondasi dasar bagi sebuah keluarga yaitu pendidikan menjadi orang tua.
Ilmu parenting masa orang tua kita dulu, belum tentu relevan dengan kondisi zaman sekarang atau zaman akan datang. Hal ini cukup dirasakan oleh keluarga millennial dalam melakukan pengasuhan dan pendidikan anak-anak mereka. Banyaknya informasinya yang beredar baik melalui media sosial, televisi dan media cetak yang membuat keluarga millennial kebingungan memilih pola pengasuhan dan pendidikan (parenting) yang cocok untuk keluarganya.

Belum lagi pola pengasuhan dan pendidikan hanya berpusat pada seorang ibu saja, sedangkan si bapak hanya fokus memenuhi kebutuhan pangan saja sehingga terjadi ketidakseimbangan pendidikan yang dirasakan oleh si anak. Hal ini ditambah lagi dengan pandemi covid-19 yang sudah berjalan hampir dua tahun yang menyebabkan persoalan banyak orang, terutama keluarga. Persoalan yang dihadapi keluarga adalah persoalan ekonomi dan pendidikan anak. Kondisi pandemi ini membuat anak menjadi “silent victim” korban yang tidak bersuara baik dari segi pertumbuhan anak, kesehatan dan psikologi anak sehingga kasus kekerasan pada anak meningkat.

berdasarkan hal diatas merupakan salah satuĀ  diatas maka Popmama.Com membentuk sebuah komunitas untuk keluarga millennial Indonesia yang disebut dengan Popmama Parenting Academy (POPAC)

Apa itu Popmama Parenting Academy (POPAC)?

Dikutip dari situs resmi Popmama Parenting Academy merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Popmama.com sebagai one stop solution bagi keluarga milenial yang mencari hiburan, pendidikan, pengalaman menyenangkan, dan pengalaman berbelanja.

Di event ini kita bisa menenmukan solusi untuk menghadapi tantangan pengasuhan anak di masa depan, termasuk tantangan terbesar dalam pengasuhan anak saat ini yaitu bagaimana memanfaatkan teknologi dengan bijak di era Internet of Things.

Pahami apa yang terjadi di dunia, bagaimana hal itu akan terungkap, maka Anda akan siap menghadapi tantangan mengasuh anak. Jangan khawatir, Mama, kamu tidak sendirian!

Popmama.com berharap event popmama parenting academy bisa membantu sesama keluarga millennial dalam pola pengasuhan, mengelola kehidupan keluarga serta keuangan keluarga. Sehingga terbentuklah komunitas parenting bagi keluarga millennial Indonesia

mockup-popmama-com

Bagaimana Sejarah Popmama Parenting Academy?

Pertama sekali sebelum berubah menjadi Popmama Parenting Academy (POPAC), popmama.com membuat acara dengan tema Popmama.com Expo yang diadakan di The Gandaria City Hall pada tanggal 28-29 September 2018. Pada event ini Popmama.com masih berfokus membuka tenant yang menjual produk khusus mama, bayi dan keluarga.

popmama-parenting-academy-2018

Pada tahun 2019 sudah menggunakan nama Popmama Parenting Academy, acara diselenggarakan pada tanggal 11-13 Oktober 2019 di Summarecon Mall Serpong. Acara ini menjadi tempat belajar bagi para keluarga muda Indonesia untuk menghadapi tantangan dalam membesarkan anak-anak mereka.
Berdasarkan penelitian internal yang dilakukan Popmama.com, tahap parenting dapat dibagi menjadi 4 yaitu

  • expecting parents, Tahapan menanti sebuah hati
  • parents with baby, tahapan setelah memiliki bayi
  • parents with toddler, tahapan fase anak-anak
  • dan parents with big kids, tahapan menuju remaja

Para milenial yang sudah mulai berkeluarga tentu akan menemukan tantangan di setiap tahap tersebut. Popmama Parenting Academy 2019, kami menghadirkan acara yang memadukan edukasi dan hiburan. Akan ada talkshow, sharing session, workshop, dan kelas parenting untuk keluarga milenial yang dibawakan oleh narasumber dari berbagai latar belakang, seperti artis, wirausahawan, psikolog, dokter anak dan masih banyak lagi. Acara popmama Parenting Academy ini menghadirkan 7000 mama papa.

popmama.com

Pelaksanaan kegiatan Popmama Parenting Academy 2020 berbeda dengan tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan adanya pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia sehingga kegiatan Popmama Parenting Academy dilakukan secara virtual yang dilaksanakan selama 6 hari mulai tanggal 28 September – 3 Oktober 2020.

Walaupun dilakukan secara virtual, acara Popmama Parenting Academy selalu diisi dengan acara menarik sepertiĀ  ilmu seputar kehamilan, melahirkan, gizi, kecerdasan hingga kesehatan mental anak melalu kelas Zoom, WhatsApp dan YouTube. Lalu ada juga bazaar produk Ibu & Anak yang digelar online, kemudian kompetisi foto keluarga online, serta lomba blogging.

POPAC-2020

Popmama Parenting Academy (POPAC) 2021

Tidak berbeda dengan pelaksanaan Popmama Parenting Academy sebelumnya, Popmama Parenting Academy 2021 dilaksanakan juga secara virtual. Kondisi pandemi sudah merubah tatanan kehidupan terutama orang tua dan anak-anak, oleh karena itu Popmama Parenting Academy 2021 ini mengusung tema “Parents Support Parents”,

Popmama.com yakin jika kita, orangtua bersatu, dampak pandemi pada anak-anak bisa segera dipulihkan agar tidak menjadi halangan masa depan mereka. Yuk, kita bersatu membangun masa depan yang cerah untuk anak-anak kita. Pandemi adalah pelajaran dan kita semua akan semakin kuat! Yakin!

Acara Popmama Parenting Academy 2021 ini pelaksanaan cukup panjang yaitu mulai tanggal 1-31 Desember 2021 yang diisi dengan kegiatan seperti kelas zoom meeting, whatsapp class, live youtube/instagram, selain itu juga ada kegiatan lomba blog, Popmama Little Star 2021, dan Community Awards.

POPAC-2021

So, mama papa sudah memutuskan mau ikut kegiatan yang mana?

Ayo kita belajar lagi menjadi orang tua milenial yang siap menghadapi tantangan ke depan bersama dengan Popmama Parenting Academy 2021. Untuk update informasi yang berkaitan dengan Popmama Parenting Academy 2021, silahkan follow Instagram Popmama.Com dan Popmama Parenting Academy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *